Sosial Ekonomi & Diseminasi

Ekonomi & Diseminasi

Kegiatan sosial ekonomi mencirikan perkembangan suatu kota dan satu indikasi dari dinamika perkembangan dari perekonomian kota tersebut. Upaya mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi masyarakat tersebut dapat dijalankan dengan konsep TP.

Secara konseptual TP merupakan sebuah kawasan pengembangan kegiatan pertanian dan peternakan yang saling terintegrasi berbasis teknologi yang menyajikan, memeragakan dan menginformasikan temuan terkini berdasar INOVASI IPTEK berbagai disiplin ilmu dan pada akhirnya akan terjadi alih pengetahuan kepada masyarakat perdesaan secara luas. Hasil pengembangan kemudian ditingkatkan menjadi produk komersial yang dapat diproduksi dalam skala industri. Komersialisasi hasil Litbang LIPI dapat dialih teknologikan kepada mitra daerah dan kepada masyarakat.

Dengan dikenalnya alih teknologi, diseminasi, dan produk hasil Litbang LIPI dapat memberikan manfaat yang tinggi untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Pengembangan sebuah kawasan baru, jika dilihat dari segi pembangunan ekonomi kota merupakan upaya strategis untuk mengurangi beban pusat kota (Tarigan, 2005).

Suatu kawasan yang diprioritaskan pengembangannya merupakan daerah pengembangan yang potensial. Hal ini disebabkan karena kawasan ini diperkirakan akan cepat berkembang di masa akan mendatang, baik karena pengembangan kawasan tersebut ataupun karena adanya investor baru. Adanya produk yang dihasilkan di kawasan TP akan berdampak pada social ekomomi masyarakat. Kegiatan klaster ini memberikan informasi mengenai dampak keberadaan TP Banyumulek terhadap sosial ekonomi masyarakat sekitar. Informasi tersebut dijadikan sebagai sumber acuan penetapan strategi pengembangan TP yang berkelanjutan sehingga tepat sasaran dan tepat guna untuk masyarakat daerah.

Seluruh klaster yang sudah terbentuk diarahkan untuk pengembangan produk yang sudah ada dan pengembangangan produk baru. Pengembangan produk yang telah ada ditujukan untuk meningkatkan penerimaan konsumen terhadap produk yang dihasilkan yang didasarkan dari data hasil analisis pasar.

Pengembangan produk baru ditujukan untuk meningkatkan deversifikasi produk yang bertujuan meningkatkan pemasaran produk. Masing masing produk dilengkapi dengan ijin edar agar dapat dipasarkan baik di tingkat konsumen langsung masyarakat petani dan peternak, pasar tradisional, pasar modern, maupun HOREKA (Hotel Restoran dan Kafe). Untuk meningkatkan manfaat dari produk tersebut maka diperlukan peningkatan kapasitas produksi dalam skala yang lebih besar dan kualitas yang baik serta mensosialisasikannya ke masyarakat pengguna. Sosialisasi kemasyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan diseminasi produk dan alih teknologi TP di masyarakat. Hasil diseminasi dimasyakat tersebut memberikan dampak positif untuk kemajuan TP dan perekonomian masarakat sekitar. Secara bertahap alih teknologi dimasyarakat akan menyebar luas ke berbagai daerah dengan memperlihatkan hasil yang unggul secara komparatif dan kompetitif.