Pertanian Organik

pertanian organik

Pengembangan TP juga mencakup pengembangan tanaman pangan seperti padi dan tanaman holtikultura terdiri atas sayuran daun dan buah-buahan guna mendukung kedaulatan pangan nasional. Pengembangan klaster ini dilakukan secara organik dengan menggunakan beberapa bibit unggul yang telah dihasilkan dari hasil diseminasi produk LIPI.

Dalam upaya mengatasi semakin rendahnya kualitas tanah, LIPI melakukan pendekatan dengan sistem organik. Caranya dengan memanfaatkan agen biologis yang ada di tanah untuk membentuk pupuk organik hayati (POH). Selain POH, LIPI juga telah melepas tiga varietas padi gogo yaitu Inpago LIPI Go1, LIPI Go2 dan LIPI Go4. Varietas-varietas ini memiliki keunggulan antara lain: toleran kekeringan, produktivitas tinggi, tahan sejumlah ras penyakit blas, dan toleran cekaman aluminium, sehingga sangat cocok untuk dikembangkan di daerah NTB.

Pupuk yang digunakan berasal dari klaster pengolahan limbah peternakan yaitu produk pupuk cair dan pupuk padat. Kedua jenis pupuk ini diharapkan dapat mendukung pertaniaan organik di kawasan NTB. Saat ini pertanian organik banyak dikembangkan oleh berbagai daerah, dikarenakan produknya lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi, selain itu secara bisnis juga lebih menguntungkan karena memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk non organik.

Budidaya sayuran organik perlu dipandang secara utuh, dalam suatu rangkaian agrobisnis sayuran organik, di mana peluang pasar menjadi pertimbangan utama, dan produksi sayuran menjadi faktor yang kedua. Jenis sayuran yang ditanam terdiri dari bayam cabut, kangkung darat, petsai, caisin, cabai, terong, tomat, oyong, dan pare serta kacang-kacangan (kacang panjang dan buncis). Mengingat pentingnya pertanian organik maka perlu dibangun stasiun model pengembangan sayuran organik di kawasan TP Banyumulek. Kegiatan lainnya yang dilakukan di klaster ini adalah mengadakan sosialisasi dan pembinaan di tingkat petani sayuran, pelatihan SDM petani, dan menjalin hubungan dengan mitra daerah terkait pengembangan pertanian organik di NTB.

pertanian organik ..