Pengolahan Pakan

pengolahan pakan

Keberhasilan produksi ternak tidak terlepas dari peran pakan yang harus tersedia secara kontinyu. Inovasi pengolahan pakan merupakan salah satu strategi penting dalam penyediaan pakan yang berkualitas. Unit pengolahan pakan telah menghasilkan produk pakan sapi yang berkualitas sehingga mampu mendukung peningkatan produktivitas. Produk yang dikembangkan dan ditingkatkan kapasitas produksinya adalah silase, konsentrat, hijauan pakan ternak dan pakan aditif/suplemen. Silase digunakan sebagai pakan awetan yang dapat bertahan lama dalam proses penyimpanan dan dapat berperan juga sebagai pakan stimulasi.

Konsentrat digunakan sebagai pakan tinggi nutrient untuk mensuplai kebutuhan nutrisi ternak sapi. Hijauan pakan ternak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sumber serat dan feed additive probiotik di gunakan untuk keseimbangan mikroba rumen dalam meningkatkan produktivitas sapi potong. Pengembangan keempat jenis produk pakan tersebut digunakan untuk mendukung kegiatan penggemukan dan breeding sapi potong yang dilakukan baik dalam kawasan TP maupun di luar kawasan TP oleh masyarakat peternak sekitarnya sebagai mitra kegiatan. Kegiatan pengolahan pakan ini dilakukan di UPT BP3TR.

Selain kegiatan produksi pengolahan pakan ternak sapi, kegiatan pengembangan SDM peternak, penyuluh PPL dan dengan pihak yang tertarik untuk mengembangkan juga dilakukan di BP3TR. Balai ini selanjutnya bertanggung jawab terhadap pelayanan masyarakat akan Inovasi IPTEK yang telah dialih teknologikan atau di diseminasikan melalui pelatihan oleh pihak LIPI. Klaster ini juga berfungsi sebagai penyedia input untuk kegiatan di klaster penggemukan dan pembibitan sapi Bali.