Klaster

klaster

Konsep keterpaduan yang dibangun dalam Technopark Banyumulek ini dengan memadukan berbagai kegiatan peternakan dan pertanian dari hulu sampai hilir yang dikemas dalam manajemen bisnis sehingga menjamin keberlanjutan kegiatan. Kegiatan Technopark Banyumulek di arahkan untuk menghasilkan produk yang siap untuk dikomersilkan dan dapat diterima oleh pihak swasta dan masyarakat. Keterlibatan masyarakat dikemas dalam skema diseminasi alih teknologi, pelatihan, pemagangan, dan kemitraan inti plasma unit bisnis.

Berdasarkan proses produksinya, kegiatan Technopark Banyumulek dibagi menjadi dua bagian yaitu kegiatan bagian hulu dan kegiatan bagian hilir. Kegiatan hulu yaitu kegiatan yang menghasilkan bahan mentah (bahan baku) atau bahan setengah jadi. Kegiatan ini sifatnya menyediakan bahan baku untuk kegiatan/industri yang lain.

Kegiatan yang termasuk dalam kegiatan bagian hulu adalah :

Pengolahan Pakan

Pembibitan Dan Penggemukan sapi bali

Pertanian Organik

Kegiatan bagian hilir, yaitu kegiatan yang mengolah barang mentah atau setengah jadi menjadi barang jadi. Kegiatan yang masuk dalam kegiatan hilir adalah :

Pengolahan Limbah

Pasca Panen

.Kedua kelompok kegiatan tersebut didukung oleh kegiatan klaster

Sosial Ekonomi dan Diseminasi

yang akan memberikan informasi dampak masing-masing kegiatan kepada masyarakat sehingga dapat dilakukn peningkatan seluruh kegiatan secara berkelanjutan.