Pekan Inovasi Teknologi (PIT) 2016

Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah (Jasil) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Pekan Inovasi Teknologi (PIT) 2016 pada 12-16 Oktober 2016 di Ballroom International Conventional Center, Botani Square Bogor, Jl. Jalan Raya Pajajaran No. 69 – 71, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan PIT ini merupakan agenda tahunan LIPI yang dimaksudkan sebagai ajang bertemunya para peneliti, perekayasa, akademisi, penemu, inovator, calon technopreneur, investor, pelaku industri, pelaku inkubator bisnis teknologi, pelaku techno park dan pembuat kebijakan di daerah serta masyarakat umum. Event ini diharapkan mampu mengakselerasi terjadinya proses alih ilmu pengetahuan dan teknologi dari lembaga litbang dan universitas kepada masyarakat dan industri, yang diharapkan memiliki dampak besar bagi peningkatan daya saing industri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk hasil riset dan jasa layanan kepada stakeholder : masyarakat, industri/dunia usaha, akademisi termasuk kemampuan kualitas, desain dan teknologi produk. Untuk membuka dan memperkuat jejaring kerja/networking dengan calon mitra dalam rangka mendorong terjadinya alih teknologi hasil riset. Untuk meningkatkan pengetahuan serta perolehan data dan informasi dunia usaha tentang perkembangan trend kebutuhan teknologi dan produk industri kedepan serta selera pasar. Untuk meningkatkan pemanfaatan hasil riset LIPI oleh Industri/pengguna.

pekan-inovasi-teknologi-2016 pekan-inovasi-teknologi

Techno Park Banyumulek, NTB dalam pameran ini mengikutsertakan hasil kegiatan yang terbagi kedalam klaster – klaster.

  1. Klaster pengolahan pakan produk yang dipamerkan adalah konsentrat dan probiotik
  2. Klaster penggemukan dan pembibitan sapi bali, produk yang dipamerkan adalah straw hasil Inseminasi Buatan
  3. Klaster pengolahan hasil samping peternakan, produk yang dipamerkan adalah kompos
  4. Klaster pertanian organic, hasil yang dipamerkan adalah padi Gogo
  5. Klaster pengolahan pasca panen, hasil yang dipamerkan adalah beefstick olahan daging dan kopi mandalika
  6. Sosial ekonomi dan diseminasi, hasil kajian buku Techno Park Banyumulek, NTB

Untuk diketahui, PIT 2016 kali ini diisi dengan serangkaian kegiatan, antara lain The 1st Indonesia International Conference on Sciences and Technology Park (IICSTP), Seminar Nasional Technopreneurship dan Alih Teknologi Ke-2, Pameran Hasil Litbang dan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Knowladge Sharing & Talkshow Buku “Peluang Usaha Produk Halal di Pasar Global”, Sosialisasi Kemetrologian untuk Industri dan Akademisi, Ekspose Teknologi dan Launching Produk, Sosialisasi ISO 9001-2015 untuk Usaha Kecil Menengah, serta Workshop Pengelolaan Terbitan Berkala Ilmiah dan Akses Informasi Ilmiah dan Desain Kemasan Produk Industri Kecil Menengah (IKM).

PIT 2016 diselenggarakan atas kerjasama LIPI yang didukung oleh berbagai pihak, seperti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Media Nusantara Citra (MNC) Group, Himpunan Peneliti Indonesia (HIMPENINDO), Asosiasi Science & Techno Park Indonesia (ASTPI), Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI), dan Cross Media International (CMI). Kegiatan tersebut direncanakan dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala LIPI, Walikota Bandung, Walikota Bogor, dan CEO MNC Group.

pit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *