Studi Banding Science Techno Park Nasional untuk Kakao dan Kopi Jember

Pusat penelitian kopi dan kakao Jember merupakan salah satu pusat pengolahan kopi dan kakao di Indonesia. Pada tahun 2013 telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek Kakao (PUI Kakao), dan pada tahun 2015 telah ditetapkan menjadi PUI Kopi, dan pada tahun 2016 telah ditetapkan sebagai Science Techno Park Nasional untuk Kakao dan Kopi. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan kunjungan atau studi banding untuk keperluan pengembangan TP-Banyumulek.

Kunjungan ke pengolahan kakao, kami melihat fasilitas dan proses pengolahan kakao, puslit kopi dan kakao, mempunyai fasilitas produksi yang sangat memadai, manajeman dan standar produksi sudah terstandar untuk industry skala kecil dan menengah. Selain mengolah produk kakao, puslit koka juga membuat alat produksi kopi dan kakao, mulai dari skala UKM hingga industry.

mesin produksi dan mesin pengemas

Kunjungan ke outlet produk kopi dan kakao, puslit koka melalui koprasi sekar, telah banyak memproduksi produk coklat dan kopi, serta produk olahan lain seperti sabun dari lemak kakao dan lainnya. Desain outlet sangat menarik dengan variasi produk yang beragam.

Kunjungan ke fasilitas inkubasi bisnis, gedung ini adalah tempat pertemuan atau pelatihan bagi industri kecil dan menegah untuk melakukan komunikasi bisnis terkait produk kopi dan kakao, gedungnya sangat representative untuk pertemuan bisnis dan pelatihan.

puslit jember kokaWatch Full Movie Online Streaming Online and Download

Science Techno Park (STP) harus dapat membentuk perusahaan pemula berbasis teknologi yang diterapkan di STP, dan mempunyai binaan di daerah yang mempunyai sumber daya alam kopi dan kakao. Hal ini yang sangat memungkinkan untuk membangun kerjasama antara TP-Banyumulek dengan STP Kopi dan Kakao Jember, dan merupakan hubungan yang mutualisme antara kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *