çadır

| Print |

Kelangkaan pupuk di Indonesia dan harganya yang melambung menyebabkan masalah untuk petani kita. Padahal, kenyataaanya kemajuan teknologi memang tak bisa dipungkiri lagi. Banyak penemuan-penemuan baru yang nantinya akan membuat hidup manusia dan semua mahluk hidup di bumi ini menjadi lebih baik dan lebih mudah. Salah satunya, putra berbakat bangsa kita, Ir. Ali Zum Mashar, MA.M.Si., peneliti di Depnakertrans menemukan Pupuk Organik Unggul Mikroba Google dengan teknologi Bioperforasi (yang diberi nama Bio P 2000 Z, dengan harga yang relatif murah. Untuk temuan ini, Ali menjadi salah satu pemenang Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2009 di bidang pangan.

 


Menurut Ali, mahasiswa S3 program studi Ekonomi Sumber Daya Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, Teknologi Bioperforasi (menyuntikkan mikroba ke dalam tanah) berfungsi untuk menyuburkan tanah dengan memanfaatkan mikroba yang ditambah energi matahari dan air. Fungsi lainnya juga menyuburkan kembali tanah yang tidak subur/lahan kritis. Mis. tanah bekas tambang, tanah berpasir, lahan gambut, atau tanah yang sudah rusak/terjadi kekentalan tanah karena penggunaan pupuk kimia yang sudah terlalu lama.


Ali mengatakan, pupuk mikroba google sudah pernah diujicobakan pada bekas tambang emas di Kerengpangi, Kalimantan Tengah. Dengan menggunakan 3 liter pupuk mikroba google untuk tiap hektarnya, lahan penambangan emas dapat subur kembali. Sedangkan untuk tanah berpasir, membutuhkan waktu yang lebih singkat. Untuk menyuburkan tanah bekas tambang, ungkap Ali cukup menggunakan pupuk organik ini sebanyak 8 liter per hektar selama 3 tahun, dijamin kondisi tanah menjadi subur kembali. Mikroba google juga dapat mereklamasi lahan kritis akibat tumpukan lumpur Lapindo Porong, Sidoarjo Jawa Timur. “Dengan menggunakan mikroba google, saya jamin dalam tempo satu tahun, lumpur Lapindo bisa ditanami kembali” tegas Ali.

Ali menerangkan disebut mikroba 'google' karena mikroba tersebut bekerja seperti google, mencari secara otomatis apa yang perlu untuk menyusun bahan organik yang dibutuhkan di dalam tanah. Mikroba google adalah mikroba yang mencari/melacak zat potensial dari kandungan mineral tanah yang tersembunyi sebagai pemacu pembangun biosintesis mikroorganik dan bioaktivator tanah, sehingga mampu mengkondisikan kesuburan tanah secara alami. Kemampuan lainnya adalah menetralisir racun dalam tanaman serta membangkitkan gen yang tertidur dalam tanaman, sehingga memacu pertumbuhan dan produksinya.

Ali menegaskan bahan pupuk mikroba google ini bahan hayati baik flora maupun fauna yang digunakan sebagai bahan yang membantu menyuburkan tanah yang gersang atau sebagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Penggunaan pupuk cair mikroba google Bio P 2000 Z ini mampu meningkatkan hasil pertanian dua sampai tiga kali lipat.Contoh, Produksi Kedelai meningkat tiga sampai empat kali lipat dari sebelumnya. Begitu juga dengan hasil pertanian lainnya, mis. Jagung, padi, durian, mangga, rambutan, kelapa sawit, karet, kakao, dll.


Pupuk organik ini, kata Ali tidak mempunyai efek samping dan ramah lingkungan dan hemat. Selain dapat digunakan oleh petani tradisional, pupuk ini juga dapat digunakan untuk tanaman hidroponik. Untuk aplikasinya, Ali mengatakan telah kerja sama dengan kelompok tani di 30 Kabupaten di Indonesia (a.l. Jawa, Sumatera, Kalimantan, dll). Saat ini, telah dibangun Pusat Pelatihan dan Penerapan Bioteknologi di Cianjur, sebagai ajang para petani untuk bertukar pikiran dan juga untuk yang memerlukan pelatihan bertani.Produk jadi pupuk ini berbentuk cair. Petani atau user tinggal menambahkan air sebanyak 300 kalinya dan zat aktifnya sudah bisa dipakai. Kalau biasanya petani menggunakan kompos 1 hektar sebanyak 4-6 ton, dengan pupuk ini cukup menggunakan 500 kg.


Bagi masyarakat yang ingin membeli pupuk organik mikroba google ini bisa langsung menghubungi Bapak Ali. “Dijamin harganya sangat kompetitif dengan yang sudah ada di pasaran, yaitu Rp 12.000,- per liter, setara dengan pupuk urea. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, silakan ikuti petunjuk dan bekerjalah dengan disiplin”, imbau Ali.

Ali mengharapkan dia bisa membantu petani yang kurang informasi dan teknologi agar lahan sebagai aset dapat mempunyai hasil yang lebih tinggi, yang akhirnya dapat mensejahterakan petani Indonesia. Ali juga menghimbau petani kita bisa percaya diri untuk memberdayakan teknologi ini, kemudian negara kita akan mencapai swasembada pangan.(gs-adpkipt)

Sumber : www.ristek.go.id

VIDEO BIOTEKNOLOGI-LIPI



Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Reformasi Birokrasi

Bimbingan Penelitian

LAKIP

lakip2011

You are here: Home Berita

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa