Mahasiswa Universitas Nasional Jakarta Kunjungi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

Cibinong-Humas LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi  salah satu objek dalam memperdalam bidang  ilmu hayati,  seperti halnya kali ini Fakultas Biologi Universitas Nasional Jakarta, mengadakan kunjungan ke Puslit Bioteknologi,  pada Senin (16/12) 2019. Rombongan yang terdiri dari dosen pendamping dan mahasiswa ini diterima di gedung Meat-Milk Pro Puslit Bioteknologi-LIPI oleh tim Humas Kawasan CSC-BG, Cibinong. Sebelum melakukan kegiatan, terlebih dahulu pengunjung mendapatkan informasi terkait kegiatan penelitian melalui tayangan video profil LIPI dan Pusat Penelitian Bioteknologi, agar pengunjung  mendapatkan informasi tentang kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Puslit Bioteknologi di laboratorium.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa Laboratorium, mahasiswa dan pendamping yang berjumlah 20 orang di arahkan  untuk melihat langsung Laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI yaitu : Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi serta Laboratorium Bioenergi dan Bioproses. Peserta kunjungan yang ke Lab Biokatalis dan Fermentasi di pandu Ade Andriani, mengutarakan bahwa tentang kegiatan pada Lab penelitian ini  dilakukan adalah  dengan memanfaatkan mikroba dan enzim melalui fermentasi/reaksi berbasis rekayasa genetika mikroba. Lanjut Ade, beberapa produk utama yang dihasilkan adalah Oligosakarida (pangan fungsional), enzim kasar dan enzim murni untuk kebutuhan industri pangan, farmasi dan energi, Penyediaan mikroba potensial untuk industri dan lingkungan serta Produk hasil fermentasi. Pada Lab Bioenergi dan Bioproses, Swastika menjelaskan tentang pengembangan bioenergi dari mikroba fotosintesa dan pengembangan total proses dari bioenergi (biorifenari dari bioenergi).

Kepada pengunjung disampaikan bahwa Pusat Penelitian Bioteknologi juga menawarkan beberapa program yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yang berminat di bidang bioteknologi seperti mengikuti kegiatan pelatihan dan bimbingan mengingat Puslit  Bioteknologi memiliki 17 laboratorium dengan kompetensi inti yang berbeda-beda. (est/edt:ks)

MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA KUNJUNGI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI

 

uad1Cibinong, 28 November 2019Keingintahuan masyarakat akan penelitian dibidang bioteknologi akhir-akhir ini semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya permintaan kunjungan ilmiah ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebanyak 91 orang. Kegiatan kunjungan ini diterima di Gedung Bioteknologi Peternakan dan dibuka dengan pengenalan dan pemutaran video Profil Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dan dilanjutkan tur ke laboraorium.

Tujuan dari kunjungan ini adalah selain sebagai kegiatan rutin diluar kampus juga untuk memperdalam ilmu pengetahuan mahasiswa terkait bidang Bioteknologi dengan melihat secara langsung laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pada kunjungan kali ini para peserta mengunjungi Laboratorium Genetika Molekuler dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman, Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi dan Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman.

Manifestasi Kolaborasi 5 Tahun LIPI-Provinsi NTB

ntb2Banyumulek, 5 November 2019. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mengadakan Expo 5 Tahun LIPI di Nusa Tenggara Barat (NTB) bertema “Techno Park Business Center Berbasis Pemanfaatan Bioresources Secara Berkelanjutan pada 5 November 2019 bertempat di Science Technology Industrial Park, Banyumulek NTB. Expo ini sebagai, selain kegiatan penampilan produk hasil iptek kolaborasi LIPI-Provinsi NTB, juga ajang manifestasi kiprah LIPI di NTB selama periode 2015-2019 dalam kerangka Program Techno Park Banyumulek.

Kegiatan ini dihadiri Deputi IPH-LIPI, Enny Sudarmonowati dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkifliemanyah. Enny memaparkan beberapa capaian kegiatan yang dilakukan LIPI selama 5 tahun di hadapan Gubernur NTB, yaitu peningkatan mutu produksi ternak sapi, pengolahan pakan ternak sapi, pengolahan limbah ternak, produk pupuk organik hayati. Produk hasil kegiatan iptek kolaborasi ini selaras dengan misi dan visi NTB yang akan mengembangkan sapi untuk kawasan Indonesia timur, dan nasional.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI