• banyumulek4
  • banyumulek5
  • banyumulek
  • kakao
  • fgd
  • fgd
  • fgd
  • science sma
  • isibio
  • kunjungan
  • biotek-phapros
  • Kunjungan dan diskusi kerja sama Techno Park Banyumulek NTB di lokasi PT Gerbang NTB Emas, mitra Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Mataram, 12 Oktober 2017
  • Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Pemanfaatan Tanaman Lokal guna Bahan Tambahan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Lokasi Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 10 Oktober 2017
  • Kegiatan kunjungan dan konsultasi Praktik Kerja Lapangan para Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram ke Kawasan Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek Nusa Tenggara Barat, Lombok Barat, 9 Oktober 2017
  • Kegiatan dengar pendapat antara Kelompok Tani Kopi dan Kakao Desa Genggelang KLU dengan Komisi XI DPR RI, Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen. Bun.) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kelompok Petani Kakao ‘Bunga Mekar’, Dusun Senara, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, KLU, pada 13 September 2017. Pada kegiatan ini, Peneliti Mikrobiologi Terapan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Fahrurrozi, memaparkan kegiatan kerja sama aplikasi IPTEK fermentasi biji kakao antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
  • Foto para pembicara pada acara Knowledge Sharing and Discussion dengan Judul "Status Terkini Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Pertanian", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 8 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto para pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) dengan Judul "Workshop Peran Riset dan Kebijakan Untuk Penguatan Rantai Nilai Ekonomi Ubi Kayu Indonesia", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 7 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto bersama Kapuslit Bioteknologi LIPI, Dr. Ir. Bambang Sunarko bersama peserta FGD dengan Judul "Sinergi Konsorsium Kemandirian Bahan Baku Obat : Pengembangan Obat Malaria Dihidroartemisinin", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 6 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Kegiatan Science in Touch, Praktik Isolasi dan Ekstraksi DNA bagi Siswa SMA pada Science Week Fair Kedeputian Bidang IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bioteknologi bagi para siswa SMA sejak dini dengan cara yang menarik (fun and fearless). Terlihat peneliti bidang biologi molekuler tanaman, Dr. Wahyuni menerangkan apa itu DNA kepada para siswa dengan cara yang populer.
  • Penandatangan Nasakah Nota Kesepahaman (MoU) antara Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI, Center for Innovation, Indonesian Institute of Sciences (PUSINOV LIPI), Kobe University, Bio-Energy Corporation, PT. Agricinal tentang Cooperation on Development and Implementation of integrated Biorefinery Technology in Indonesia, pada kegiatan International Symposium Innovative Bioproduction Indonesia 2017 (ISIBio 2017), disaksikan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof. Dr. Bambang Prasetya dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Bogor 27 September 2017
  • Kunjungan Direktur Perencanaan & Pengembangan PT Bio Farma (Persero), drh. Sugeng Raharjo, MM.ke booth pameran Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dalam bazzar Science Week Fair IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Tak lupa pada kesempatan ini Bapak Direktur berfoto bersama dengan Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito M.Eng., Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Bioteknologi-LIPI, Dr. Ir. Syamsidah Rahmawati, serta para peneliti senior Bidang Peternakan Puslit Bioteknologi-LIPI, Prof. Dr. Endang Tri Margawati dan Dr. Ekayanti Mulyawati Kaiin.
  • Penandatangan Naskah Non Disclosure Agreement (NDA) antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan PT Phapros Tbk yang dilaksanakan di Cibinong, 4 September 2017. Pada kesempatan ini Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko dan PT Phapros Tbk diwakili oleh Direktur Utama, Barokah Sri Utami, M.M., Apt., serta disaksikan oleh Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, dan Kepala Pusat Inovasi LIPI, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng. Penandatangan NDA ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Science Week Fair Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, 4-9 September 2017.
Print

Peralatan Utama Laboratorium Puslit Bioteknologi LIPI

on .

Peralatan Analisis Proksimat

image002image004image006

Analisis proksimat banyak diminati baik oleh peneliti maupun swasta. Satu set peralatan terdiri dari Auto Fat Extraction System, Auto Fibre Analysis System, Digestion Unit, dan Distillation Unit. Masing-masing alat dalam kondisi bagus dan banyak dimanfaatkan. Pengujian proksimat utama yang dilakukan yaitu analisis Lemak Kasar (LK), Protein Kasar (PK), dan Serat Kasar (SK).

Gas Chromatography (GC) dan GC-MS

image008 - Copy

Perangkat GC dilengkapi dengan detektor FID dan TCD. Beberapa senyawa yang dapat dianalisis yaitu metanol, etanol, etilen, asetilen, hidrogen, dan karbondioksida. Peralatan GC-MS biasa digunakan untuk analisis berbagai macam asam organik. Peralatan GC dapat melayani jasa pengujian.

High Performance Liquid Chromatography

image010 - Copy

HPLC yang terbaru memiliki fitur autosampler dan pompa sampel multi. Fitur yang dimiliki memudahkan pengoperasian dan pemrograman langkah-langkah analisis. Alat ini banyak digunakan untuk pengujian jenis dan kandungan gula (sakarida/oligosakarida).

Spektrofotometer UV-Vis

image012 - Copy

Terdapat beberapa spektrofotometer dengan rentang spesifikasi pengukuran pada panjang gelombang 190-1100 nm. Penggunaan spektrofotometer cukup intensif terutama pada penelitian kimia bahan alam dan bioproses. Disamping peneliti, banyak mahasiswa yang memanfaatkan alat tersebut.

Liquid Chromatography Mass Spectrometry (LC-MS/MS)

image014 - Copy image016 - Copy

Peralatan ini menggunakan metode ionisasi ESI (Electrospray Ionisation). Sistem triple quadrupole yang ada pada Mass Spectrometry memungkinkan untuk melakukan targeted analysis dengan limit deteksi yang sangat rendah (ppb). Saat ini penggunaan alat lebih banyak untuk analisis pestisida, antibiotik, dan konfirmasi berat molekul senyawa murni atau semi murni hasil kromatografi kolom.

Sekuenser DNA

image018 - Copy

Sekuenser genom ini dapat mendukung aplikasi yang beragam, mulai dari sekuensing gen terarah untuk metagenomik, sekuensing genom kecil, dan analisis ekspresi gen. Analisis berlangsung secara singkat dan praktis dengan dukungan kit preparasi yang teroptimasi dan automatisasi analisis data.

Droplet Digital PCR

image020 - Copy

Keunggulan dari alat ini adalah ketelitian yang tinggi dalam kuantifikasi molekul target baik DNA maupun RNA. Satu sampel dapat dipartisi menjadi 20.000 droplet berukuran nano liter. Selanjutnya partisi-partisi tersebut dianalisis secara statistik dan berurutan. Aplikasi alat ini dapat mendukung penelitian di bidang penemuan biomarker kanker, penyakit infeksi, genomik, dan ekspresi gen.

Fluorometer

image022 - Copy

Kuantifikasi DNA, RNA, dan protein dapat dilakukan dengan akurasi dan sensitifitas tinggi dengan menggunakan alat ini. Dibandingkan dengan kuantifikasi berbasis absorbasi UV. Sensitifitas yang tinggi sangat vital untuk meminimalisir efek kontaminan. Pada kondisi sampel yang encer dan volume sekecil 1 µL sensitifitas tetap tinggi.

PC-based UV Gel Documentation System

image024 - Copy

Keamanan dari kontaminasi bahan kimia berbahaya seperti etidium bromida lebih terjamin dengan menggunakan alat ini. Pekerjaan dilakukan di laboratorium dan data bisa diakses komputer masing-masing anggota laboratorium melalui jaringan internal. Kualitas gambar yang dihasilkan memuaskan dan mudah untuk mengedit dan memberi keterangan pada gambar. Alat ini bagus digunakan untuk mendukung analisis mulai dari berat molekul dan penghitungan koloni.

Sistem Purifikasi Protein

image026

AKTA purifier merupakan unit pemurnian protein skala laboratorium yang dapat memproses sampel ukuran mikrogram hingga milligram. Unit ini mempunyai kemampuan deteksi dengan 3 panjang gelombang dan injeksi sampel multi hingga 8 sampel. Saat ini alat dimanfaatkan untuk mendukung penelitian di bidang protein terapetik.

Integrated Milk Testing (BactoScan™)

image028

Bagi peternak maupun laboratorium, analisis kandungan bakteri dalam susu sangat penting untuk menjamin kualitas produk/sampel. Alat ini dapat menganalisis 65 sampel dalam 1 jam sehingga memungkinkan hasil analisis diperoleh dalam beberapa menit. Dengan menghitung setiap sel tunggal bakteri, bukan cluster, akurasi menjadi lebih tingggi. Factor human error dapat diminimalisir jika dibandingkan dengan metode Total Plate Count.

 

Milk Analysis System (MilkoScan™)

image030

Berbagai parameter penting dapat dianalisis dengan alat ini untuk mengetahui kandungan susu, krim, dan yoghurt. Peremeter tersebut meliputi protein, lemak, asam lemak bebas, laktosa, keasaman total, densitas, dan padatan total.

Somatic Cell Analyzer

image032

Analisis sel somatik skala laboratorium atau industri kecil dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Dalam satu jam, rata-rata 50 sampel dapat dianalisis dan dan laporan hasil sudah terkomputerisasi. Penggunaan reagen lebih praktis dengan disediakannya larutan khusus dari pemasok. Alat ini digunakan untuk menganalisis sampel susu dan dairy product lainnya. Sampel diukur dengan menggunakan prinsip yang sama dengan FTIR dan tanpa proses pemanasan awal. Terdapat juga fasilitas auto-cleaning.

 

Fermentor

image034image036

Fermentor skala 10 liter dengan sistem pengendalian terkomputerisasi yang mudah dioperasikan dengan layar sentuh. Lebih dari 10 langkah proses dapat diatur secara otomatis. Data proses direkam secara real-time untuk memudahkan optimasi parameter fermentasi. Saat ini, fermentor banyak dimanfaatkan untuk penelitian bioproses dan bioenergi.

 

Mikroskop Mutakhir

image038image040

Beberapa mikroskop berkinerja tinggi ada untuk mendukung analisis. Kebutuhan mikroskop untuk riset bervariasi, mulai dari kebutuhan pengamatan dasar hingga pengamatan proses transportasi dalam sel atau organisme seperti perpindahan sel darah dalam sistem pembuluh. Salah satu alat yaitu Laser Scanning Microscope dapat melakukan penetrasi pemindaian ke dalam sampel. Kecepatan pemindaian ratusan frame per detik menghasilkan akurasi pengamatan yang tinggi.

 

Sentrifus dengan Berbagai Kapasitas

image042

Sentrifus terbaru yang dimiliki dapat beroperasi pada rentang suhu -20o – 40oC dengan kecepatan putaran maksimum 150.000 rpm. Kapasitas terbesar yang dimiliki adalah 1000 mL x 4. Sentrifus dapat mendeteksi ketidakseimbangan pada rotor sehingga meminimalisir kerusakan akibat kekeliruan dalam pengecekan keseimbangan berat sampel oleh pengguna. Layar sentuh yang sensitif memudahkan pengoperasian.

(Eko WP/Ka.Sub.Bid. Peralatan Penelitian)

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

Instagram