• bsl3
  • biotrends17
  • pui2017bsun
  • refleksiiph
  • abvol21no22017
  • Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room Oleh Plt Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto di kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG)- LIPI, Cibinong, Jum'at 6 April 2018
  • Telah Terbit Majalah Populer Bioteknologi Biotrends, Kunjungi Kami di http://terbitan.biotek.lipi.go.id
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Telah Terbit Majalah Berseri Ilmiah Annales Bogorienses Volume 21 No.2 Tahun 2017, Kunjungi Kami di http://jurnal.biotek.lipi.go.id

bioteknologi update a

seputar biotek web

biotek media

Print

Penataan Koleksi dan Konservasi Plasma Nutfah Tumbuhan dan Hewan serta Pengembanganya Secara In-Vitro

bentulKebun Plasma Nutfah di Cibinong adalah kebun koleksi buah-buahan terpilih yang bernaung di bawah Bidang Sarana Penelitian Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI  dan merupakan salah satu tapak pelestarian plasma nutfah tumbuhan dan hewan di kawasan Cibinong Science Centre (CSC). Keberadaan koleksi plasma nutfah buah-buahan dan umbi-umbian ini perlu dikembangkan untuk mendukung penelitian maupun pengembangan sumber daya genetik terpilih. Sesuai dengan programnya yaitu untuk penelitian dan pelayanan keplasma-nutfahan,

kebun ini mempunyai koleksi tanaman buah-buahan terpilih yang terdiri dari 1182 nomor 18 jenis dan 83 varietas buah-buahan dan 45 nomor koleksi tanaman umbi-umbian antara lain talas (Colocasia esculenta) dan 3 nomor koleksi garut (Marantha arundinaceae) yang merupakan sumber pangan alternatif untuk menunjang program ketahanan pangan nasional. Selain sebagai tempat penelitian bagi para peneliti di lingkungan Kedeputian IPH-LIPI, kebun ini juga merupakan tempat praktikum bagi siswa dan mahasiswa pertanian dan peternakan. Penambahan koleksi buah-buahan maupun umbi-umbian perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian plasma nutfah di luar habitatnya (ex situ) dan sebagai bahan perakitan bibit unggul. Pemeliharaan tanaman koleksi secara rutin telah dilakukan agar tanaman koleksi yang ada tetap tumbuh dan terpelihara dengan baik.
 
Kata Kunci :   plasma nutfah, buah-buahan,  umbi-umbian,  bibit unggul, penelitian, pelayanan
Peneliti : Yani Cahyani, Maria Imelda, Siti Noorohmah, Nurul Sumiasri

Video Bioteknologi LIPI


Profil Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Seputar Biotek

CPNS LIPI 2017 SAMBANGI PERPUSTAKAAN

cpnslipi2017Cibinong - 12 April 2018, Rekan-rekan CPNS LIPI 2017, sambangi Perpustakaan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI di Jalan Raya Bogor KM. 46, Cibinong, Kamis (12/4).Kunjungan tersebut merupkan bagian dari kegiatan orientasi Pra Jabatan PNS di lingkungan LIPI.  Para calon peneliti ini , diterima langsung oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian (Sub Bid PHP), Ario Tutuko, yang didampingi oleh 4 orang staf perpustakaan. Dalam kesempatan tersebut Kepala Sub Bid PHP memaparkan tugas dan fungsi bidang yang dikelolanya, serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan CPNS 2017 ke perpustakaan.

Tujuan kunjungan kali ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kondisi perpustakaan saat ini, masalah-masalah yang dihadapi dan harapan kedepannya. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mempunyai perpustakaan yang secara fisik tidak begitu luas, namun pengunjung lewat media daring ke pangkalan data katalog menunjukkan penambahan dari waktu ke waktu. Diskusi berjalan akrab berkesan santai antara pimpinan serta staf Sub Bid PHP dengan rekan CPNS LIPI. "Kami mempunyai fasilitas yang lebih baik. Untuk itu, kami dapat memberikan akses khususnya publikasi karya tulis staf peneliti guna pengembangan perpustakaan. Sehingga kami bisa melayani pengunjung yang datang ke perpustakaan baik secara fisik atau pun daring," jelas Ahmad Saefudin, staf senior perpustakaan.

Usai berdiskusi serta menyampaikan harapannya,CPNS LIPI 2017 melihat-lihat suasana gedung perpustakaan dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Ludya/Pustakawan)

Laporan

 laptah2015-web lkj2015

cover rb2017 lakip2017

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI