• biotrends17
  • pui2017bsun
  • refleksiiph
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.

bioteknologi update a

seputar biotek web

biotek media

Print

Penataan Koleksi dan Konservasi Plasma Nutfah Tumbuhan dan Hewan serta Pengembanganya Secara In-Vitro

bentulKebun Plasma Nutfah di Cibinong adalah kebun koleksi buah-buahan terpilih yang bernaung di bawah Bidang Sarana Penelitian Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI  dan merupakan salah satu tapak pelestarian plasma nutfah tumbuhan dan hewan di kawasan Cibinong Science Centre (CSC). Keberadaan koleksi plasma nutfah buah-buahan dan umbi-umbian ini perlu dikembangkan untuk mendukung penelitian maupun pengembangan sumber daya genetik terpilih. Sesuai dengan programnya yaitu untuk penelitian dan pelayanan keplasma-nutfahan,

kebun ini mempunyai koleksi tanaman buah-buahan terpilih yang terdiri dari 1182 nomor 18 jenis dan 83 varietas buah-buahan dan 45 nomor koleksi tanaman umbi-umbian antara lain talas (Colocasia esculenta) dan 3 nomor koleksi garut (Marantha arundinaceae) yang merupakan sumber pangan alternatif untuk menunjang program ketahanan pangan nasional. Selain sebagai tempat penelitian bagi para peneliti di lingkungan Kedeputian IPH-LIPI, kebun ini juga merupakan tempat praktikum bagi siswa dan mahasiswa pertanian dan peternakan. Penambahan koleksi buah-buahan maupun umbi-umbian perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian plasma nutfah di luar habitatnya (ex situ) dan sebagai bahan perakitan bibit unggul. Pemeliharaan tanaman koleksi secara rutin telah dilakukan agar tanaman koleksi yang ada tetap tumbuh dan terpelihara dengan baik.
 
Kata Kunci :   plasma nutfah, buah-buahan,  umbi-umbian,  bibit unggul, penelitian, pelayanan
Peneliti : Yani Cahyani, Maria Imelda, Siti Noorohmah, Nurul Sumiasri

Video Bioteknologi LIPI


Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Seputar Biotek

LIPI Membangun Sarana Hilirisasi Hasil Riset

isea2017Cibinong- 13 Februari 2018. Puslit Bioteknologi LIPI menyelenggarakan Knowledge Sharing Seminar Biotechnology di Gedung Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI. Kegiatan ini dihadiri para civitas Puslit Bioteknologi LIPI, Puslit Biologi LIPI, Puslit Biomaterial LIPI, Puslit Kimia LIPI, Pusat Inovasi LIPI, Puslit Limnologi LIPI, dan Puslit Metrologi LIPI. Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan pembangunan fasilitas laboratorium yang akan diadakan LIPI Tahun Anggaran 2018 dengan menghadirkan empat narasumber yang terlibat dalam pembangunan sarana riset tersebut.

Knowledge Sharing Seminar Biotechnology dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian, mewakili Kepala Puslit Bioteknologi LIPI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dengan adanya pembangunan sarana riset LIPI dengan biaya yang cukup tinggi perlu adanya strategi dalam hal biaya perawatan sehingga tidak membebani biaya riset LIPI.

Read more...

Laporan

 laptah2015-web lkj2015

rb-p2biotek-2016-a

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI