• banyumulek4
  • banyumulek5
  • banyumulek
  • kakao
  • fgd
  • fgd
  • fgd
  • science sma
  • isibio
  • kunjungan
  • biotek-phapros
  • Kunjungan dan diskusi kerja sama Techno Park Banyumulek NTB di lokasi PT Gerbang NTB Emas, mitra Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Mataram, 12 Oktober 2017
  • Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Pemanfaatan Tanaman Lokal guna Bahan Tambahan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Lokasi Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 10 Oktober 2017
  • Kegiatan kunjungan dan konsultasi Praktik Kerja Lapangan para Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram ke Kawasan Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek Nusa Tenggara Barat, Lombok Barat, 9 Oktober 2017
  • Kegiatan dengar pendapat antara Kelompok Tani Kopi dan Kakao Desa Genggelang KLU dengan Komisi XI DPR RI, Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen. Bun.) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kelompok Petani Kakao ‘Bunga Mekar’, Dusun Senara, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, KLU, pada 13 September 2017. Pada kegiatan ini, Peneliti Mikrobiologi Terapan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Fahrurrozi, memaparkan kegiatan kerja sama aplikasi IPTEK fermentasi biji kakao antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
  • Foto para pembicara pada acara Knowledge Sharing and Discussion dengan Judul "Status Terkini Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Pertanian", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 8 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto para pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) dengan Judul "Workshop Peran Riset dan Kebijakan Untuk Penguatan Rantai Nilai Ekonomi Ubi Kayu Indonesia", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 7 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto bersama Kapuslit Bioteknologi LIPI, Dr. Ir. Bambang Sunarko bersama peserta FGD dengan Judul "Sinergi Konsorsium Kemandirian Bahan Baku Obat : Pengembangan Obat Malaria Dihidroartemisinin", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 6 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Kegiatan Science in Touch, Praktik Isolasi dan Ekstraksi DNA bagi Siswa SMA pada Science Week Fair Kedeputian Bidang IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bioteknologi bagi para siswa SMA sejak dini dengan cara yang menarik (fun and fearless). Terlihat peneliti bidang biologi molekuler tanaman, Dr. Wahyuni menerangkan apa itu DNA kepada para siswa dengan cara yang populer.
  • Penandatangan Nasakah Nota Kesepahaman (MoU) antara Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI, Center for Innovation, Indonesian Institute of Sciences (PUSINOV LIPI), Kobe University, Bio-Energy Corporation, PT. Agricinal tentang Cooperation on Development and Implementation of integrated Biorefinery Technology in Indonesia, pada kegiatan International Symposium Innovative Bioproduction Indonesia 2017 (ISIBio 2017), disaksikan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof. Dr. Bambang Prasetya dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Bogor 27 September 2017
  • Kunjungan Direktur Perencanaan & Pengembangan PT Bio Farma (Persero), drh. Sugeng Raharjo, MM.ke booth pameran Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dalam bazzar Science Week Fair IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Tak lupa pada kesempatan ini Bapak Direktur berfoto bersama dengan Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito M.Eng., Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Bioteknologi-LIPI, Dr. Ir. Syamsidah Rahmawati, serta para peneliti senior Bidang Peternakan Puslit Bioteknologi-LIPI, Prof. Dr. Endang Tri Margawati dan Dr. Ekayanti Mulyawati Kaiin.
  • Penandatangan Naskah Non Disclosure Agreement (NDA) antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan PT Phapros Tbk yang dilaksanakan di Cibinong, 4 September 2017. Pada kesempatan ini Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko dan PT Phapros Tbk diwakili oleh Direktur Utama, Barokah Sri Utami, M.M., Apt., serta disaksikan oleh Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, dan Kepala Pusat Inovasi LIPI, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng. Penandatangan NDA ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Science Week Fair Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, 4-9 September 2017.

bioteknologi update a

biovillage-logo

seputar biotek web

biotek media

Print

PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM REKOMBINAN XYLANASE DARI STRAIN LOKAL, TERMOFILIK Geobacillus stearothermophilus : BIOTROP 2009

gsx3Linda Sukmarini, Elvi Yetti

 

Latar belakang dan Permasalahan

Industri paper di Indonesia mengalami peningkatan yang tajam, dan telah menempati rangking 2 di dunia. Peningkatan produksi paper, dibarengi dengan peningkatan polusi akibat meningkatnya penggunaan klorine pada proses bleaching. Oleh karena itu diperlukan senyawa pengganti klorin yang lebih aman, dalam hal ini adalah enzim xylanase. Hanya saja, enzim xylanase yang dibutuhkan adalah enzim xylanase yang mampu aktif pada suhu tinggi dan pH basa.

Di sisi lain, penggunaan enzim xylanase pada industry kertas berdampak pada meningkatnya biaya produksi. Untuk menjawab tantangan tersebut di atas, gen xylanase xynA penyandi termostable xylanase telah diisolasi dari strain yang berasal dari pantai sekitar kawah gunung, Tanjung Api, Poso. Hasil analisis sekuensnya menunjukkan bahwa open reading frame (ORF) gen xynA sebesar 1221 bp menyandi 407 asam amino termasuk 30 residu signal peptida. Dalam rangka mengkaji potensi gen xynA penyandi enzim xylanase, dalam penelitian ini dilakukan studi bioinformatika, sub kloning ke vektor ekspresi, dan purifikasi enzim.

 

Tujuan dan Hipotesa

Tujuan penelitian ini adalah untuk memproduksi enzim rekombinan xylanase dari strain lokal G. stearothermophilus, yang diekspresikan pada Escherichia coli BL21 (DE3) dan untuk mengkarakterisasi suhu dan pH dari enzim rekombinan.

 

gsx1Metoda

Metoda yang digunakan terdiri dari studi bioinformatika yang terdiri dari alignment, prediksi struktur tiga dimensi enzim xylanase dengan menggunakan program MOE, subkloning, memasukkan gen xynA ke dalam vektor ekspresi, pET21b, dilanjutkan dengan proses transformasi ke dalam inang, yaitu E.coli DH5 dan E.coli BL21. Positif klon diisolasi dengan menggunakan teknik PCR colony, dan positif klon kemudian digunakan untuk proses ekspresi dan purifikasi.

Hasil yang diperoleh

Studi bioinformatika yang meliputi alignmen asam amino dari beberapa bacterial xylanase menunjukkan adanya tingkat homologi yang tinggi dengan xylanase thermostabil-alkalistabil dari G. stearothermophilus T-6 (98%) yang digolongkan sebagai glycoside hydrolase family 10 (GH10) (Khasin et al., 1993). Terdapat 5 perbedaan asam amino dengan xylanase dari Bacillus stearothermophilus T-6 (Gambar 1). Selain itu, Studi sekuen asam amino juga menunjukkan bahwa xylanase lokal memiliki kemiripan yang tinggi dengan Bacillus stearothermophilus T-6 (Tabel 1), sehingga diprediksi juga memiliki kemampuan yang sama, yaitu stabil pada pH 9 pada suhu 65°C. Dengan demikian, secara bioinformatika, enzim xylanase lokal memiliki potensi untuk digunakan dalam industry pulp.

Hasil yang diperolehHasil skrining dengan teknik PCR koloni, telah didapatkan plasmid pETxynA hasil ligasi gen xynA dengan vektor ekspresi yang diisolasi dari inang E.coli BL21 untuk mengekspresikan enzim rekombinan xylanase (gambar 2b). Purifikasi dengan menggunakan ion exchange chromatography. Tetapi karena dalam masa penyimpanan, plasmid tidak stabil, sehingga plasmid pETxynA sering hilang dari inangnya. Untuk saat ini, kami sedang mencoba menggunakan vektor ekspresi lain, yaitu pET 32b. PCR fragmen xynA untuk diinsersikan ke dalam pET32b telah kami dapatkan dan sekarang dalam proses insersi ke dalam pET32b dan transformasi ke E.coli DH5 dan E.coli BL21

Tabel 3. Studi bioinformatika terhadap sekuens asam amino dari protein xylanase

Gambar 2. A) Hasil purifikasi xynA dan pET21b. B) Hasil PCR koloni terhadap transforman

 

Gambar 3.Ekspresi enzim xylanase lokal (a) dan purifikasinya (b)

Manfaat Kegiatan

Enzim xylanase yang termostabil dan alkali stabil sangat cocok untuk diaplikasikan di industry kertas. Gen xynA yang kami isolasi memiliki kemiripan (homologi) yang tinggi dengan enzim xylanase dari B. stearothermophilus T-6, dengan karakter mampu aktif pada pH 9 dan suhu 65°C. Sehingga diprediksi enzim xylanase tersebut berpotensi untuk diaplikasikan di industry kertas.

Rekomendasi/ promosi teknologi yang dihasilkan

Karena karakterisasi enzim xylanase belum bisa dilakukan saat ini, rekomendasi promosi hasil belum bisa dilakukan. Hanya saja dari pendekatan bioinformatika, enzim ini sangat berpotensi dalam industry kertas.

 

 

 

gsx2xylanase

Laporan Kinerja

lkj2015

Laporan RB

rb-p2biotek-2016-a

Laporan Tahunan

laptah2015-web

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

annales

biotrends

banner-warta-biovillage

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI