• refleksiiph
  • abvol21no22017
  • biotrends17
  • pui2017bsun
  • bsl3
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Telah Terbit Majalah Berseri Ilmiah Annales Bogorienses Volume 21 No.2 Tahun 2017, Kunjungi Kami di http://jurnal.biotek.lipi.go.id
  • Telah Terbit Majalah Populer Bioteknologi Biotrends, Kunjungi Kami di http://terbitan.biotek.lipi.go.id
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room Oleh Plt Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto di kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG)- LIPI, Cibinong, Jum'at 6 April 2018

bioteknologi update a

seputar biotek web

biotek media

Print

PRODUKSI DAN KARAKTERISASI ENZIM REKOMBINAN XYLANASE DARI STRAIN LOKAL, TERMOFILIK Geobacillus stearothermophilus : BIOTROP 2009

gsx3Linda Sukmarini, Elvi Yetti

 

Latar belakang dan Permasalahan

Industri paper di Indonesia mengalami peningkatan yang tajam, dan telah menempati rangking 2 di dunia. Peningkatan produksi paper, dibarengi dengan peningkatan polusi akibat meningkatnya penggunaan klorine pada proses bleaching. Oleh karena itu diperlukan senyawa pengganti klorin yang lebih aman, dalam hal ini adalah enzim xylanase. Hanya saja, enzim xylanase yang dibutuhkan adalah enzim xylanase yang mampu aktif pada suhu tinggi dan pH basa.

Di sisi lain, penggunaan enzim xylanase pada industry kertas berdampak pada meningkatnya biaya produksi. Untuk menjawab tantangan tersebut di atas, gen xylanase xynA penyandi termostable xylanase telah diisolasi dari strain yang berasal dari pantai sekitar kawah gunung, Tanjung Api, Poso. Hasil analisis sekuensnya menunjukkan bahwa open reading frame (ORF) gen xynA sebesar 1221 bp menyandi 407 asam amino termasuk 30 residu signal peptida. Dalam rangka mengkaji potensi gen xynA penyandi enzim xylanase, dalam penelitian ini dilakukan studi bioinformatika, sub kloning ke vektor ekspresi, dan purifikasi enzim.

 

Tujuan dan Hipotesa

Tujuan penelitian ini adalah untuk memproduksi enzim rekombinan xylanase dari strain lokal G. stearothermophilus, yang diekspresikan pada Escherichia coli BL21 (DE3) dan untuk mengkarakterisasi suhu dan pH dari enzim rekombinan.

 

gsx1Metoda

Metoda yang digunakan terdiri dari studi bioinformatika yang terdiri dari alignment, prediksi struktur tiga dimensi enzim xylanase dengan menggunakan program MOE, subkloning, memasukkan gen xynA ke dalam vektor ekspresi, pET21b, dilanjutkan dengan proses transformasi ke dalam inang, yaitu E.coli DH5 dan E.coli BL21. Positif klon diisolasi dengan menggunakan teknik PCR colony, dan positif klon kemudian digunakan untuk proses ekspresi dan purifikasi.

Hasil yang diperoleh

Studi bioinformatika yang meliputi alignmen asam amino dari beberapa bacterial xylanase menunjukkan adanya tingkat homologi yang tinggi dengan xylanase thermostabil-alkalistabil dari G. stearothermophilus T-6 (98%) yang digolongkan sebagai glycoside hydrolase family 10 (GH10) (Khasin et al., 1993). Terdapat 5 perbedaan asam amino dengan xylanase dari Bacillus stearothermophilus T-6 (Gambar 1). Selain itu, Studi sekuen asam amino juga menunjukkan bahwa xylanase lokal memiliki kemiripan yang tinggi dengan Bacillus stearothermophilus T-6 (Tabel 1), sehingga diprediksi juga memiliki kemampuan yang sama, yaitu stabil pada pH 9 pada suhu 65°C. Dengan demikian, secara bioinformatika, enzim xylanase lokal memiliki potensi untuk digunakan dalam industry pulp.

Hasil yang diperolehHasil skrining dengan teknik PCR koloni, telah didapatkan plasmid pETxynA hasil ligasi gen xynA dengan vektor ekspresi yang diisolasi dari inang E.coli BL21 untuk mengekspresikan enzim rekombinan xylanase (gambar 2b). Purifikasi dengan menggunakan ion exchange chromatography. Tetapi karena dalam masa penyimpanan, plasmid tidak stabil, sehingga plasmid pETxynA sering hilang dari inangnya. Untuk saat ini, kami sedang mencoba menggunakan vektor ekspresi lain, yaitu pET 32b. PCR fragmen xynA untuk diinsersikan ke dalam pET32b telah kami dapatkan dan sekarang dalam proses insersi ke dalam pET32b dan transformasi ke E.coli DH5 dan E.coli BL21

Tabel 3. Studi bioinformatika terhadap sekuens asam amino dari protein xylanase

Gambar 2. A) Hasil purifikasi xynA dan pET21b. B) Hasil PCR koloni terhadap transforman

 

Gambar 3.Ekspresi enzim xylanase lokal (a) dan purifikasinya (b)

Manfaat Kegiatan

Enzim xylanase yang termostabil dan alkali stabil sangat cocok untuk diaplikasikan di industry kertas. Gen xynA yang kami isolasi memiliki kemiripan (homologi) yang tinggi dengan enzim xylanase dari B. stearothermophilus T-6, dengan karakter mampu aktif pada pH 9 dan suhu 65°C. Sehingga diprediksi enzim xylanase tersebut berpotensi untuk diaplikasikan di industry kertas.

Rekomendasi/ promosi teknologi yang dihasilkan

Karena karakterisasi enzim xylanase belum bisa dilakukan saat ini, rekomendasi promosi hasil belum bisa dilakukan. Hanya saja dari pendekatan bioinformatika, enzim ini sangat berpotensi dalam industry kertas.

 

 

 

gsx2xylanase

Video Bioteknologi LIPI


Profil Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Seputar Biotek

CPNS LIPI 2017 SAMBANGI PERPUSTAKAAN

cpnslipi2017Cibinong - 12 April 2018, Rekan-rekan CPNS LIPI 2017, sambangi Perpustakaan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI di Jalan Raya Bogor KM. 46, Cibinong, Kamis (12/4).Kunjungan tersebut merupkan bagian dari kegiatan orientasi Pra Jabatan PNS di lingkungan LIPI.  Para calon peneliti ini , diterima langsung oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian (Sub Bid PHP), Ario Tutuko, yang didampingi oleh 4 orang staf perpustakaan. Dalam kesempatan tersebut Kepala Sub Bid PHP memaparkan tugas dan fungsi bidang yang dikelolanya, serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan CPNS 2017 ke perpustakaan.

Tujuan kunjungan kali ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kondisi perpustakaan saat ini, masalah-masalah yang dihadapi dan harapan kedepannya. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mempunyai perpustakaan yang secara fisik tidak begitu luas, namun pengunjung lewat media daring ke pangkalan data katalog menunjukkan penambahan dari waktu ke waktu. Diskusi berjalan akrab berkesan santai antara pimpinan serta staf Sub Bid PHP dengan rekan CPNS LIPI. "Kami mempunyai fasilitas yang lebih baik. Untuk itu, kami dapat memberikan akses khususnya publikasi karya tulis staf peneliti guna pengembangan perpustakaan. Sehingga kami bisa melayani pengunjung yang datang ke perpustakaan baik secara fisik atau pun daring," jelas Ahmad Saefudin, staf senior perpustakaan.

Usai berdiskusi serta menyampaikan harapannya,CPNS LIPI 2017 melihat-lihat suasana gedung perpustakaan dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Ludya/Pustakawan)

Laporan

 laptah2015-web lkj2015

cover rb2017 lakip2017

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI