• bsl3
  • pui2017bsun
  • biotrends17
  • refleksiiph
  • abvol21no22017
  • Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) dan Clean Room Oleh Plt Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto di kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG)- LIPI, Cibinong, Jum'at 6 April 2018
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Telah Terbit Majalah Populer Bioteknologi Biotrends, Kunjungi Kami di http://terbitan.biotek.lipi.go.id
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Telah Terbit Majalah Berseri Ilmiah Annales Bogorienses Volume 21 No.2 Tahun 2017, Kunjungi Kami di http://jurnal.biotek.lipi.go.id

bioteknologi update a

seputar biotek web

biotek media

Print

PENERAPAN TEKNOLOGI PETERNAKAN TERPADU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI PERAH DI KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT : IPTEKDA 2009

ternakKoordinator: Muhammad Gunawan

 

Latar Belakang dan Permasalahan

Permintaan pangan yang bergizi semakin menjadi kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber protein hewani yang banyak dihasilkan dari peternakan adalah daging, telur dan susu. Kebutuhan susu segar untuk konsumsi masyarakat masih relatif kecil karena belum menjadi kebiasaan yang umum, sebaliknya susu bubuk banyak dikonsumsi. Peternakan sapi perah sebagai penghasil susu terbesar masih belum mampu memenuhi kebutuhan susu nasional.

Kebutuhan terbesar berasal dari industri pengolahan susu sebagai produsen susu bubuk. Kabupaten Garut sebagai salah satu daerah penghasil susu terbesar di Jawa Barat, sangat didukung dengan temperatur  yang sejuk, sesuai dengan kebutuhan pemeliharaan sapi perah. Peternakan sapi perah sudah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Garut. Dukungan pemasaran susu yang dilakukan koperasi–koperasi persusuan sangat membantu kemajuan perekonomian peternak. Kendala yang selama ini dialami oleh kelompok ternak Ar-Raudhotun Nur disebabkan karena kurangnya modal usaha, lemahnya menejemen usaha dan minim penerapan teknologi peternakan dalam meningkatkan produktivitas. Dalam kegiatan ini Puslit Bioteknologi sebagai pusat penelitian  akan mendukung dan membimbing peternakan sapi perah yang sudah ada dengan penerapan teknologi peternakan terpadu berupa: manajemen pemeliharaan, produksi susu, kesehatan hewan, pembibitan dan pengolahan limbah.

 

Tujuan dan Hipotesa

Tujuan dalam kegiatan ini antara lain: 1. Mengembangkan budidaya sapi perah dengan menerapkan teknologi peternakan terpadu untuk meningkatkan produktivitas usaha. 2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peternak dalam penerapan teknologi peternakan terpadu.

Kegiatan ini mengajukan hipotesa bahwa pembangunan model peternakan dengan mengaplikasikan teknologi peternakan terpadu dalam manajemen pemeliharaan, produksi susu, kesehatan hewan, pembibitan dan pengolahan limbah, dapat meningkatkan produktivitas dalam usaha peternakan sapi perah.

Metoda

Metodologi dalam kegiatan ini adalah: 1. Pembuatan kandang dan instalasi pengolahan limbah dengan konsep kandang bersih dan sehat untuk ternak serta lingkungan. 2. Pembelian sapi perah betina laktasi 1 sampai dengan 2 kali, sehingga langsung menghasilkan air  susu sebagai produk utama. 3. Pemberian pakan berkualitas ditambah probiotik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu. 4. Penerapan menejemen pemeliharaan dan penanganan proses produksi dengan efisien. 5. Produksi bibit sapi perah dengan menggunakan teknologi inseminasi buatan sperma hasil pemisahan (sexing). 6. Peningkatan pengetahuan dengan pelatihan dan pendampingan kepada peternak mengenai reproduksi, kesehatan hewan, pakan, produksi susu dan pengolahan limbah.

Hasil Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan Iptekda Bottom Up 2009 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, dapat berjalan sesuai rencana. Proses pembangunan kandang dan instalasi pengolahan limbah serta pengadaan sapi perah betina laktasi untuk modal usaha telah dilakukan. Penambahan pakan konsentrat dan probiotik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi susu sudah dilakukan dengan hasil yang cukup baik. Pengembangan usaha peternakan dengan penambahan jumlah sapi perah betina laktasi dengan sekala 10 (sepuluh) ekor dalam satu kelompok, telah dapat membantu mitra dalam meningkatkan pendapatan dari usaha peternakannya. Dengan kegiatan ini para peternak dapat bangkit lagi dan menghasilkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.  Usaha lainnya untuk menambah hasil sampingan adalah pengolahan limbah padat menjadi pupuk organik dan biogas sebagai energi alternatif rumah tangga. Kegiatan yang telah berjalan sampai tahap akhir menunjukkan perkembangan yang nyata untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok peternakan sapi perah Ar-Raudhotun Nur.

 

Manfaat Kegiatan

Manfaat kegiatan ini telah dirasakan oleh kelompok peternakan sapi perah Ar-Raudhotun Nur dengan adanya bantuan ternak sapi perah betina laktasi untuk usaha produksi susu. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok dalam beternak sapi meningkat dengan pelatihan. Kegiatan ini telah berhasil membentuk kelompok ternak yang mandiri dengan menerapkan teknologi peternakan terpadu dalam kegiatan peternakannya.

Rekomendasi

Dengan berjalannya usaha peternakan ini, yang harus selalu ditingkatkan adalah skala usaha. Perluasan jaringan pemasaran untuk penjualan hasil produksi susu, pembibitan sapi dan hasil pupuk organik. Pengembangan model peternakan terpadu ini untuk kelompok–kelompok ternak lain di Kabupaten Garut, sebagai upaya pemerataan dan peningkatan kesejahteraan.


ternak2

Video Bioteknologi LIPI


Profil Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Seputar Biotek

CPNS LIPI 2017 SAMBANGI PERPUSTAKAAN

cpnslipi2017Cibinong - 12 April 2018, Rekan-rekan CPNS LIPI 2017, sambangi Perpustakaan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI di Jalan Raya Bogor KM. 46, Cibinong, Kamis (12/4).Kunjungan tersebut merupkan bagian dari kegiatan orientasi Pra Jabatan PNS di lingkungan LIPI.  Para calon peneliti ini , diterima langsung oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian (Sub Bid PHP), Ario Tutuko, yang didampingi oleh 4 orang staf perpustakaan. Dalam kesempatan tersebut Kepala Sub Bid PHP memaparkan tugas dan fungsi bidang yang dikelolanya, serta mengucapkan terima kasih atas kunjungan CPNS 2017 ke perpustakaan.

Tujuan kunjungan kali ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kondisi perpustakaan saat ini, masalah-masalah yang dihadapi dan harapan kedepannya. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mempunyai perpustakaan yang secara fisik tidak begitu luas, namun pengunjung lewat media daring ke pangkalan data katalog menunjukkan penambahan dari waktu ke waktu. Diskusi berjalan akrab berkesan santai antara pimpinan serta staf Sub Bid PHP dengan rekan CPNS LIPI. "Kami mempunyai fasilitas yang lebih baik. Untuk itu, kami dapat memberikan akses khususnya publikasi karya tulis staf peneliti guna pengembangan perpustakaan. Sehingga kami bisa melayani pengunjung yang datang ke perpustakaan baik secara fisik atau pun daring," jelas Ahmad Saefudin, staf senior perpustakaan.

Usai berdiskusi serta menyampaikan harapannya,CPNS LIPI 2017 melihat-lihat suasana gedung perpustakaan dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Ludya/Pustakawan)

Laporan

 laptah2015-web lkj2015

cover rb2017 lakip2017

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI