çadır

| Print |

ternakKoordinator: Muhammad Gunawan

 

Latar Belakang dan Permasalahan

Permintaan pangan yang bergizi semakin menjadi kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber protein hewani yang banyak dihasilkan dari peternakan adalah daging, telur dan susu. Kebutuhan susu segar untuk konsumsi masyarakat masih relatif kecil karena belum menjadi kebiasaan yang umum, sebaliknya susu bubuk banyak dikonsumsi. Peternakan sapi perah sebagai penghasil susu terbesar masih belum mampu memenuhi kebutuhan susu nasional.

Kebutuhan terbesar berasal dari industri pengolahan susu sebagai produsen susu bubuk. Kabupaten Garut sebagai salah satu daerah penghasil susu terbesar di Jawa Barat, sangat didukung dengan temperatur  yang sejuk, sesuai dengan kebutuhan pemeliharaan sapi perah. Peternakan sapi perah sudah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat Garut. Dukungan pemasaran susu yang dilakukan koperasi–koperasi persusuan sangat membantu kemajuan perekonomian peternak. Kendala yang selama ini dialami oleh kelompok ternak Ar-Raudhotun Nur disebabkan karena kurangnya modal usaha, lemahnya menejemen usaha dan minim penerapan teknologi peternakan dalam meningkatkan produktivitas. Dalam kegiatan ini Puslit Bioteknologi sebagai pusat penelitian  akan mendukung dan membimbing peternakan sapi perah yang sudah ada dengan penerapan teknologi peternakan terpadu berupa: manajemen pemeliharaan, produksi susu, kesehatan hewan, pembibitan dan pengolahan limbah.

 

Tujuan dan Hipotesa

Tujuan dalam kegiatan ini antara lain: 1. Mengembangkan budidaya sapi perah dengan menerapkan teknologi peternakan terpadu untuk meningkatkan produktivitas usaha. 2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peternak dalam penerapan teknologi peternakan terpadu.

Kegiatan ini mengajukan hipotesa bahwa pembangunan model peternakan dengan mengaplikasikan teknologi peternakan terpadu dalam manajemen pemeliharaan, produksi susu, kesehatan hewan, pembibitan dan pengolahan limbah, dapat meningkatkan produktivitas dalam usaha peternakan sapi perah.

Metoda

Metodologi dalam kegiatan ini adalah: 1. Pembuatan kandang dan instalasi pengolahan limbah dengan konsep kandang bersih dan sehat untuk ternak serta lingkungan. 2. Pembelian sapi perah betina laktasi 1 sampai dengan 2 kali, sehingga langsung menghasilkan air  susu sebagai produk utama. 3. Pemberian pakan berkualitas ditambah probiotik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi susu. 4. Penerapan menejemen pemeliharaan dan penanganan proses produksi dengan efisien. 5. Produksi bibit sapi perah dengan menggunakan teknologi inseminasi buatan sperma hasil pemisahan (sexing). 6. Peningkatan pengetahuan dengan pelatihan dan pendampingan kepada peternak mengenai reproduksi, kesehatan hewan, pakan, produksi susu dan pengolahan limbah.

Hasil Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan Iptekda Bottom Up 2009 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, dapat berjalan sesuai rencana. Proses pembangunan kandang dan instalasi pengolahan limbah serta pengadaan sapi perah betina laktasi untuk modal usaha telah dilakukan. Penambahan pakan konsentrat dan probiotik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi susu sudah dilakukan dengan hasil yang cukup baik. Pengembangan usaha peternakan dengan penambahan jumlah sapi perah betina laktasi dengan sekala 10 (sepuluh) ekor dalam satu kelompok, telah dapat membantu mitra dalam meningkatkan pendapatan dari usaha peternakannya. Dengan kegiatan ini para peternak dapat bangkit lagi dan menghasilkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.  Usaha lainnya untuk menambah hasil sampingan adalah pengolahan limbah padat menjadi pupuk organik dan biogas sebagai energi alternatif rumah tangga. Kegiatan yang telah berjalan sampai tahap akhir menunjukkan perkembangan yang nyata untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok peternakan sapi perah Ar-Raudhotun Nur.

 

Manfaat Kegiatan

Manfaat kegiatan ini telah dirasakan oleh kelompok peternakan sapi perah Ar-Raudhotun Nur dengan adanya bantuan ternak sapi perah betina laktasi untuk usaha produksi susu. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok dalam beternak sapi meningkat dengan pelatihan. Kegiatan ini telah berhasil membentuk kelompok ternak yang mandiri dengan menerapkan teknologi peternakan terpadu dalam kegiatan peternakannya.

Rekomendasi

Dengan berjalannya usaha peternakan ini, yang harus selalu ditingkatkan adalah skala usaha. Perluasan jaringan pemasaran untuk penjualan hasil produksi susu, pembibitan sapi dan hasil pupuk organik. Pengembangan model peternakan terpadu ini untuk kelompok–kelompok ternak lain di Kabupaten Garut, sebagai upaya pemerataan dan peningkatan kesejahteraan.


ternak2

Bioresources LIPI Expo 2014

logoseminar-bioresources2014

 

Bimbingan Penelitian

You are here: Home Riset Riset 2009 PENERAPAN TEKNOLOGI PETERNAKAN TERPADU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI PERAH DI KABUPATEN GARUT, JAWA BARAT : IPTEKDA 2009

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa