Membackup Data Dijital Perpustakaan di Linux dengan Gadmin Rsync

Oleh Ahmad Saefudin S

 

Suatu hal yang mengesalkan dan menyedihkan jika file-file pekerjaan dan koleksi dijital perpustakaan yang sudah kita kerjakan bertahun-tahun itu hilang atau rusak. Kehilangan dan kerusakan ini bisa di sebabkan kesalahan sistem, virus, kerusakan hardware penyimpan data, atau bahkan CPU nya juga rusak akibat gangguan alam misalnya petir, banjir, kebakaran,, pencurian serta diakibatkan kesalahan operator komputer itu sendiri (human error) sehingga file yang tersimpan itu rusak atau hilang.


Tentunya hal ini tidak kita harapkan terjadi pada koleksi data yang kita miliki, yang telah lama kita kumpulkan. Jika terjadi mungkin bisa di bayangkan kerugian yang harus dialami, nilai dari data atau informasi yang didalamnya yang begitu berharga hilang dan untuk mengembalikannya tentunya sangat sulit, apalagi hasil informasi atau data dari suatu kegiatan penelitian atau explorasi yang telah dilakukan dan  tidak mungkin melakukan kegiatan penelitian atau ekplorasi ulang karena membutuhkan waktu dan biaya. Kehilangan koleksi sumberdaya informasi atau data berarti kerugian besar bagi perusahaan atau negara [jika hasil kegiatan lembaga pemerintah]. 


Untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk yang bakal terjadi terhadap koleksi informasi perlu dilakukan adalah tindakan pencegahan dengan melakukan backup data. Backup data merupakan bagian dari kegiatan manajemen resiko kehilangan sumberdaya informasi. Perpustakaan selaku pengelola sumberdaya informasi wajib melaksanakan manajemen resiko kehilangan sumberdaya informasi yang dimiliki. Di perpustakaan yang besar biasanya ada unit bagian yang mengelola dan melakukan backup data hal ini seperti unit komputasi dan jaringan, akan tetapi di perpustakaan kecil atau dimana pustakawannya bertindak sebagai single librarian, tentunya kegiatan backup data harus dilakukan sendiri.


Pada kesempatan ini penulis akan bebagi tentang cara backup data dengan menggunakan GADMIN RSYNC dimana sistem operasi yang digunakan adalah Linux Ubuntu 11.04. GADMIN RYSNC adalah aplikasi backup RSYNC dengan tampilan garfis antarmuka pengguna (GUI) yang memungkinkan pengguna menggunakan fasilitas menu antara muka untuk menggunakan aplikasi RSYNC client dan server. Para operator pemula atau pustakawan akan lebih mudah menggunakan dengan aplikasi GUI untuk backup data karena dapat mengurangi kesalahan menulis baris perintah di command prompt pada shell terminal.


Fitur yang ada di GADMIN RYSNC :

  1. Multiple backup dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai yang diinginkan dengan memanfaatkan aplikasi cron.
  2. Multiple backup dapat melakukan backup di lokal atau secara remote (penyimpanan data remote via lan) dimana setiap proses memiliki log file tersendiri.
  3. Backup individual dilakukan secra manual sementara backup secara remote dapat dilakukan secara full otomatis dapat pula dilakukan backup sinkronisasi secara terjadwal.


Langkah-langkah install GADMIN RYSNC di ubuntu.

  1. Komputer ubuntu terhubung dengan koneksi internet.
  2. Buka menu application lalu pilih ubuntu software center, pada kolom penelusuran tulis gadmin lalu pilih gadmin-rsync, selanjutnya pilih install, saat install ubuntu biasanya meminta memasukan password user, masukan password user ubuntu yang digunakan.

     

  3. Setelah proses dilalui maka Gadmin Rsync akan terinstall dan diletakan pada menu application—system tools

 

Menggunakan GADMIN-RSYNC

  1. Pilih aplikasi gadmin-rsync pada menu application → system tools, lalu masukan password user ubuntu sebagai syarat dapat menggunakan aplikasi tersebut.

    Tampilan Gadmin-Rysnc

  2. Untuk memulai konfigurasi backup data pilih tombol create backup,lalu diminta nama untuk proses backup yang akan digunakan.

     

  3. pilih metode backup yang akan dilakukan apakah backup lokal (dari lokal ke media penyimpanan lokal), lokal ke penyimpanan remote atau dari remote ke penyimpanan lokal.

     

  4. Pilih foward lalu pilih direktori atau file yang akan di backup

     

  5. Lalu pilih media atau direktori tujuan tempat penyimpanan backup [bisa di folder lokal atau media portable seperti flasdisk, hardisk external, tape disk dan lainnya]

     

  6. Setelah dipilih maka di tampilan depan kita dapat memilih konfigurasi backup yang baru saja di buat. Untuk melakukan backup manual data maka pilih konfigurasi yang kita inginkan lalu tekan tombol run backup

     

  7. Maka setelah dipilih akan muncul tab proses backup, bertanda proses backup tengah berlangsung.

     

  8. Setelah proses backup selesai maka akan muncul tulisan backup not running dan keterangan jumlah data yang dibackup.

     

  9. Untuk merestore atau mengembalikan data dari backup data, pilih konfigurasi backup yang akan di restore, lalu pilih tombol restore from selection, maka akan muncul menu pilihan sumber restore backup dan alamat folder yang akan di restore (mungkin karena rusak atau hilang).

     

  10. Lalu pilih forward untuk memulai proses restore data backup.

Konfigurasi jadwal backup agar dapat melakukan backup otomatis pada waktu tertentu maka pada Gadmin-Rsync terdapat fasilitas penjadwalan proses backup (menggunakan aplikasi waktu cron) hal ini sangat berguna bagi data-data penting sementara media backup yang tetap selalu dalam kondisi siap menyimpan backup data . Pada halaman utama aplikasi , pilih konfigurasi backup yang akan di jadwal, lalu geser pointer ke bawah sampai halaman konfigurasi terlihat. Selanjutnya kita dapat menentukan jadwal backup dengan menceklist atau memilih pilihan waktu serta menset waktu konfigurasi. Jangan Lupa menceklis run at specific time.

Jangan anggap sepele dalam membackup data jika tidak ingin menyesal di kemudian waktu [Kehilangan Koleksi Sumberdaya Informasi dan Data] !!!

 

Selamat mencoba.Daftar pustaka

  1. GADMIN-RSYNC . http://gadmintools.flippedweb.com/index.php?id=51&Itemid=38 ( Waktu akses oktober 2011)
  2. Menggunakan rsync http://kb.masterweb.net/beta/index.cgi/read/Artikel:Menggunakan_rsync ( Waktu akses oktober 2011)

 

Lihat juga : http://blog.sivitas.lipi.go.id/blog.cgi?isiblog&1136659730&&&1036006290&&1320132678&ahma007&1239678159

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI