• perpustakaan
  • uci
  • IMG-20170505-WA0010
  • gb1
  • 20170406 143235
  • SAM 2106
  • Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pustakawan, Peneliti, dan Pranata Humas Puslit Bioteknologi beserta Pranata Humas Kebun Raya Purwodadi (Sanusi)
  • Pojok Diskusi Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI
  • Perpustakaan Sebagai Coworking Space Bagi Sivitas Puslit Bioteknologi LIPI
  • Ruang Staf Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian
  • Ruang Baca Perpustakaan Sebagai Coworking Space

Laporan Kinerja

lakip2017

Laporan Tahunan

laptah2015-web

Laporan RB

cover rb2017

Error
  • Error loading feed data
  • Error loading feed data

Apakah kepustakaan kelabu itu?

Istilah kepustakaan kelabu sering kita dengar. Kepustakaan kelabu adalah bahan pustaka yang tidak diterbitkan sebagai hasil dari praktek kerja siswa/mahasiswa dan hasil penelitian mahasiswa S1, S2 dan S3. Yang termasuk koleksi kepustakaan kelabu adalah Laporan PKL, skripsi, tesis dan disertasi. Koleksi kepustakaan kelabu yang disimpan di Subid Pengelolaan Hasil Penelitian Bidang PDHP Puslit Bioteknologi LIPI, dalam hal ini dokinfonya, diperoleh dari hasil siswa/mahasiswa yang melaksanakan PKL/Penelitian di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dibawah bimbingan staf peneliti atau staf fungsional lainnya.

Mengapa Dilakukan Penyiangan Koleksi Perpustakaan?

Penyiangan koleksi perpustakaan atau weeding, merupakan hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Di lingkungan laboratorium ada barang-barang yang akan selalu diseleksi apakah masih terpakai atau sudah bisa dibuang misalnya bahan pembungkus bahan kimia, baik berupa dus, kaleng, dll. Dalam rumah tanggapun kita biasa menyeleksi barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi, misalnya buku-buku lama, sepatu rusak,tas rusak, baju yang sudah tidak muat lagi, pulpen yang sudah habis tintanya, pakaian yang sudah rusak atau kekecilan dan lain sebagainya.

Pelaksanaan UU RI No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Di Puslit Bioteknologi LIPI

CaptureSetiap instansi atau unit kerja, baik instansi pemerintah ataupun instansi swasta menghasilkan terbitan sebagai output laporan dari berbagai jenis kegiatannya. Terbitan tersebut dapat berupa laporan, buku, majalah, akademik paper, prosiding dan lain sebagainya.

Mengapa setiap penerbit harus menyerahan karya cetak dan karya rekamnya ke Perpustakaan Nasional? Karena perpustakaan Nasional merupakan instansi yang mempunyai tugas menyimpan koleksi perpustakaan sebagai koleksi deposit yang diperkuat dengan adanya UU RI No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam.

Penambahan koleksi buku : Daftar Tambahan Koleksi Buku dari LIPI Press Tahun 2018

Cover bukuSetiap unit informasi baik pusat dokumentasi, perpustakaan ataupun  pusat informasi lainnya merupakan unit organisasi yang berkembang sesuai dengan perkembangan  lembaga induknya.  Perkembangan tersebut tidak hanya dari sisi SDM pengelolanya yang selalu mengembangkan potesi diri tetapi juga dari penambahan koleksi bahan pustaka yang dimilikinya. Penambahan bahan pustaka tersebut, yang di dunia ilmu perpustakaan disebut dengan pengadaan bahan pustaka, dapat berupa pembelian, tukar menukar dan hadiah.

Dampak Disrupsi Teknologi Pada Layanan Perpustakaan

Disrupsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) memiliki arti tercabut sampai keakar-akarnya. Sementara itu definisi teknologi menurut KKBI adalah 1. metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; 2 keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dengan demikian disrupsi teknologi dapat di artikan sebagai tercabut atau hilangnya suatu fungsi atau peran dari suatu sistem diakibatkan adanya teknologi yang dapat menggantikannya dengan lebih baik, efektif dan efisien yang berkaitan dengan pemenuhan kenyamanan hidup manusia.

Ruang Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI sebagai Coworking Space Staf

20170412 101130Perpustakaan biasanya di artikan sebagai tempat atau ruangan menyimpan dan mengelola koleksi buku atau majalah yang untuk selanjutnya dapat digunakan atau di pinjam oleh pengguna. Ruang baca hanya digunakan oleh pengguna perpustakaan untuk membaca buku, selain itu ruangan baca juga digunakan mengerjakan tulisan karya tulis, atau tempat untuk istirahat melepas kepenatan selama bekerja.

Untuk menunjang kenyamanan, perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI mencoba memberi pelayanan terbaik bagi penggunanya dengan menyediakan ruang baca yang di lengkapi pendingin ruangan (AC), Jaringan koneksi internet melalui jaringan WIFI, serta jaringan listrik untuk digunakan selama berada di perpustakaan.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Katalog Online

Galeri

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI