• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI

Pemurnian Mananase yang dihasilkan oleh Aspergillus penicilloides BL5 menggunakan Kromatografi Filtrasi Gel : Paper Akademik 2011

kromatografi

ABSTRAK

Mananase merupakan enzim yang penting dalam berbagai industri misalnya industri pangan, kertas, dan peternakan. Salah satu cara untuk memperoleh mananase adalah dengan memanfaatkan mikroorganisme seperti Aspergillus penicilloides BL5.Informasi karakter enzim diperlukan untuk proses aplikasinya. Pemurnian merupakan salah satu tahap awal untuk mengetahui karakter enzim.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas spesifik, tingkat kemurnian, yield, dan berat molekul mananase yang dihasilkan oleh A. penicilloides BL5 setelah tahap pemurnian. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Bioproses II-III Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Cibinong pada bulan Juni-Oktober 2010. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas spesifik 100,141 U/mg dan 302,273 U/mg; tingkat kemurnian mananase sebesar 0,4 dan 1,27; dan yield pemurnian sebesar 2,29% dan 3,22%. Enzim mananase yang dihasilkan oleh A. penicilloides BL5 mempunyai berat molekul sebesar 50 kDa dan 60 kDa.


Kata kunci: pemurnian enzim, mananase, Aspergillus penicilloides BL5

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI