Sudut Biotek

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Pimpin Delegasi Indonesia dalam Tailor Made Course in Molecular Diagnostics

 

Kepala Labolatorium Rekayasa Genetika Terapan dan Disain Protein, Pusat Penelitian Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr.rer.nat. Wien Kusharyoto, memimpin delegasi peneliti, akademisi, dan klinisi Indonesia untuk berkunjung ke Inggris selama 4 minggu pada tanggal 21 September- 17 Oktober 2019 dalam rangka pelatihan kelas dunia dengan tema: “In-depth training on Molecular Diagnostic for Precision Medicine: Development and Clinical Application”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Molecular Pathology Research Group, the School of Medicine, University of Nottingham (UoN), UK yang dipimpin oleh Prof. Mohammad Ilyas.

 

 

Dengan pendanaan dariKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) melalui skemaResearch and Innovation in Science and Technology Project(Riset-Pro)10 utusan dari LIPI, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) dan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti kegiatan Tailor-Made Course (TMC) yang telah dirancang oleh pihak penyelenggara. Pada minggu pertama, semua peserta mengikuti program pelatihan yang berjudul “Molecular Diagnostics Training School and Image Analysis Training School”yang keduanya diselenggarakan tiap tahun oleh The Nottingham Molecular Pathology Node (NMPN)dan didukung oleh The Pathological Society of Great Britain and Ireland serta beberapa partner industri. Selanjutnya kegiatan difokuskan pada tutorial dan praktikum dengan topik biologi molekuler kanker, bioinformatika, teknik genetikamolekuler, serta keahlian dasar managemen dan komunikasi riset.

“Pelatihan ini menawarkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai prinsip dan metodologi riset yang berguna untuk penemuan pengembangan baru dalam diagnostik molekuler penyakit menular maupun tidak menular. Kami juga ingin memperdalam kolaborasi riset dengan University of Nottingham, terutama terkait diagnostik molekuler penyakit kanker yang dapat diimplementasikan di Indonesia”.ungkap wien.

LIPI, melalui Puslit Bioteknologi hingga saat ini telah mengembangkan beberapa kit deteksi kanker yang mencakup kanker payudara positif HER-2, kanker paru positik ALK, dan kanker serviks. Pihak swasta bahkan telah menggandeng LIPI untuk mengembangkan alat deteksi dini kanker serviks tersebut menuju skala komersial. Kolaborasi dengan berbagai pihak terus diupayakan untuk mempercepat pencapaian target produk sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

Sebagai salah satu wadah untuk memfasilitasi kegiatan kolaborasi riset dan edukasi di bidang kanker, telah diinisiasi pembentukan NICCRAT (Nottingham-Indonesia Collaboration for Cancer Research and Training) oleh Departemen Patologi, Queen’s Medical Centre, UoN. Berbagai institusi seperti LIPI, UI, UGM, UMP, dan University of Nottingham tergabung dalam NICCRAT. “Selain itu, untuk membantu proses translasi hasil riset ke dunia klinis, NICCRAT juga berkerjasama dengan Stem Cell and Cancer Institute (SCI), sebuahlembaga riset yang dimiliki oleh PT. Kalbe Farma dan telah hampir 5 tahun kami menjalin kerjasama dengan SCI dalam pengembangan alat diagnostik molekuler kanker paru di Indonesia” tambah Wien.

Pada bulan Maret 2019, NICCRAT telah berhasil menyelenggarkan pelatihan dengan tema “Precision Medicine” untuk sekitar 60 akademisi dan klinisi Indonesia, bertempat di FKKMK UGM Jogjakarta, yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI lewat skema BIMTEK bekerja sama dengan kantor Asia Business Center, UoN. Harapannya adalah bahwa kegiatan ini dapat diulang kembali untuk dilaksanakan di tahun 2020 dengan fasilitasi dari grup riset yang dipimpin oleh Dr. Kusharyoto di LIPI.

Selain kegiatan-kegiatan diatas, NICCRAT juga bermaksud memajukan riset kanker di Indonesia terutama di bidang genetika molekuler dan untuk ini sudah ada beberapa proposal riset yang diajukan ke pihak pemberi dana riset terkait seperti Newton Fund. Pada akhirnya, NICCRAT ingin berkontribusi untuk meningkatkan kualitas penanganan penyakit kanker di Indonesia demi menjamin kemanfaatannya bagi pasien” tutup Wien.(ar/edt:wn)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI