Sudut Biotek

Kebun Plasma Nutfah Puslit Bioteknologi LIPI dikunjungi SD Plus Cerdas Alam Rizkia

Cibinong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pada (Kamis 10/10) menerima kunjungan SD Plus Cerdas Alam Rizkia Bogor, Rombongan yang berjumlah 54 orang terdiri dari 45 orang siswa dan 9 orang guru pendamping. Rombongan berkunjung ke kebun plasma nutfah dan mendapatkan informasi tentang kegiatan yang dilakukan  dirumah kasa model hidroponik sayuran dan model budidaya sayuran organik. “Sayuran organik dibudidayakan secara alami tanpa tambahan bahan kimia. Media tanam yang menggunakan pupuk, pemillihan bibit, proses tanam, pemeliharaan dan pembasmian hama tidak menggunakan bahan kimia yang notabene dapat mengganggu kesehatan” ungkap, Heru Wibowo yang merupakan salah seorang  teknisi di Laboratorium Agronomi untuk Evaluasi Produk Bioteknologi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

 

Dirinya mengutarakan “Melihat dari media tanam dan budidayanya sangat alami, sayuran organik tentunya memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sayuran yang dibudidayakan secara anorganik dimana keunggulan dari sayuran organik tidak hanya berdampak terhadap kesehatan manusia tetapi juga berdampak pada lingkungan.”  Lanjut Heru, adapun keunggulan yang dimiliki diantaranya, lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi karena tidak mengandung residu pupuk dan pestisida kimia sintetis, kelestarian lingkungan dan kesuburan tanah tetap terpelihara karena tidak menggunakan pupuk kimia sintetis yang dapat merusak tanah dan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang ditanam secara konvensional karena harga jual yang tinggi dipasaran” tegas Heru.

Diakhir  kunjungan  semua peserta  dapat secara langsung melihat  beraneka  ragam sayuran organik yang  telah dibudidayakan yaitu : Cabe, Tomat, Bayam, Salada Jepang, Kale, Terong dan lain-lain. Walaupun lahan rumah kasa tidak begitu luas, para Siswa cukup senang dapat melihat sayuran yang tumbuh dengan sangat baik dan memilki buah yang cukup lebat serta  siswa terlihat antusias karena bisa merasakan panen secara langsung beberapa sayuran dan buah.(est/ed ks)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI