Sudut Biotek

Print

Kerjasama LIPI dengan Pemerintah Daerah untuk Mendukung Era Industri

ise7Serpong, 3 November 2018. Perubahan di era industri ini problemnya menjadi kompleks, tantangannya tidak hanya peluang dalam Sumber Daya Alam (SDA), melainkan lebih menitik beratkan pada Sumber Daya Manusia (SDM). Diferensiasi SDM berkualitas, ditunjang dengan semangat yang tinggi, mampu berkompetisi, memungkinkan terjadinya persaingan di tingkat lokal maupun global. Poin ini dapat merubah paradigma yang semula mengandalkan SDA bertransformasi menjadi SDM. Begitupun LIPI, tidak sekedar menghasilkan riset dan mendiseminasikannya, namun juga membuka cakrawala SDM, infrastruktur, dan sharing profit, sedangkan untuk mencari investor dapat dibantu oleh Pusat Inovasi LIPI.

Berkenaan dengan hal tersebut, dalam rangkaian kegiatan Indonesian Science Expo (ISE) 2018, LIPI mengadakan pertemuan dengan pemerintah daerah yang membahas tentang kebijakan, program pemanfaatan Iptek nasional untuk mendukung era industri. Acara yang disponsori oleh pihak swasta dan dihadiri oleh para Bupati, perwakilan dari perguruan tinggi, antara lain Rektor Unila, Rektor Universitas Telkom, Rektor Universitas Bangka Belitung, ITB dan pemangku kepentingan (stakeholders) terkait ini sangat menginspirasi, mengapresiasi, memberikan dukungan, sekaligus tantangan di dunia Iptek.

Menurut Kepala LIPI dalam sambutannya, “Ide dan pengembangannya untuk membuat kebaruan itu tidak harus pintar, yang penting kreatif, dan untuk kreatif dibutuhkan problem. Intinya bagaimana kita meningkatkan kualitas SDM tetapi tidak meninggalkan pekerjaannya. Baik pihak LIPI dan universitas dapat bekerjasama untuk mengikuti program by research. Peneliti LIPI juga dapat ikut magang di Pemda, PT. Inti, sehingga akan menciptakan sinergi. Bagaimana science ini dapat dimaksimalkan, difasilitasi dan yang sudah berjalan tinggal dibuatkan MOU, sehingga kegiatan Iptek ini dapat memperoleh dampak dan manfaat yang nyata bagi kita semua.”, imbuhnya.

Langkah nyata untuk merealisasikan kerjasama LIPI dengan Pemerintah Daerah, dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama LIPI dengan PT. Inti Persero, PT. Pindad Persero, Universitas Telkom, Universitas Lampung, Universitas Bangka Belitung tentang penelitian, pengembangan, pemanfaatan teknologi. Kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sukabumi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), dan Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Para Bupati dan perwakilan daerah berpartisipasi aktif mengikuti talkshow tentang kolaborasi riset, diantaranya 1) Bupati Lebong dengan visinya terwujudnya kabupaten Lebong maju, mandiri dan sejahtera; 2) Kabupaten Sukabumi yang merupakan kabupaten terluas ke 2 (dua) setelah Jawa dan Bali. Sukabumi terkenal dengan gunung, pantai, rimba, laut dan ada geopark. Potensi yang ada meliputi biodiversity, geodiversity, culture, pemanfaatan sungai untuk arung jeram. Intinya sekecil apapun yang kita buat, agar bermanfaat bagi masyarakat; 3) Di Purbalingga, ada bandara yang dikembangkan secara komersial, dan sumber air yang potensial dijadikan sebagai desa wisata. Hal menarik lainnya, disini juga diproduksi rambut dan bulu mata palsu. Bagi LIPI, didahulukan apa yang dapat kita kerjasamakan melalui teknologi inovasi; 4) Perwakilan dari Kalimantan Selatan (Pak Wildon) tertarik dengan “gula aren yang menjadi gula semut dengan nilai ekonomis yang berlipat ganda. Fokusnya pada persiapan bahan bakunya untuk menjadi produk unggulan dan berdaya saing.” Sebagai informasi, “tanaman aren dapat menampung air, mengundang luwak dan pelindung tanah dilereng gunung”,ujar Pak Eko. (Avi-Humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI