Sudut Biotek

Print

Deputi IPH: LIPI Bertekad Meningkatkan Ketahanan Pangan melalui Budidaya Padi Organik di Lahan Sub Optimal

padiLontaran bernas Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI, Enny Sudarmonowati tersebut disampaikan pada kegiatan tanam bersama padi gogo di lahan sub optimal bertempat di Desa Bintang Ara, Tabalong, Kalimantan Selatan pada 25 Oktober 2018. foto: Uus

Tabalong-Kalimantan Selatan - 25 Oktober 2018, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Tanam bersama Padi Gogo. Varietas Padi Gogo hasil riset LIPI ini, Inpago LIPI GO, memiliki keunggulan tahan untuk ditanam di lahan masam atau yang memiliki kandungan Aluminium tinggi. Lahan sub optimal asam selama ini di Indonesia hanya dimanfaatkan untuk budidaya perkebunan seperti Karet ataupun sawit yang relatif tahan terhadap Aluminium(Al).

Di tengah kelangkaan lahan subur Indonesia karena ekspansi industri dan urbanisasi, pendayagunaan lahan Sub optimal Al ini dinilai bisa menjadi faktor signifikan yang dapat memperkuat ketahanan pangan Indonesia dan memungkinkan untuk menjadi lumbung pangan baru.

padi gogoBupati Kabupaten Tabalong, Anang Syakhfiani, menyampaikan dalam sambutannya, Pemerintah Kabupaten Tabalobg menyambut baik kerja sama ini. Ia juga sepakat dengan tujuan program ini yang bukan hanya mengajarkan petani di daerah mereka menanam padi untuk dikonsumsi sendiri tetapi diajak untuk menjualnya dan menjadikannya penghasilan tambahan bagi keluarga tani yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Bapak Bupati juga menekankan peluang Kabupaten Tabalong yang bisa menjadi sentra pertanian organik di Provinsi Kalimantan Selatan karena posisi strategisnya yang berada di jalur penghubung kota-kota di Kalimantan, khususnya jalur dari dan menuju Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Di sisi lain, Deputi IPH LIPI dalam sambutannya mengatakan bahwa LIPI dan tim yang datang ke kabupaten Tabalong selain membawa teknologi padi gogo LIPI juga membawa teknologi pupuk organik hayati (POH), teknologi biopestisida Agrimat, teknologi tepung mocaf kaya betakaroten dan teknologi hidroponik. Beragam teknologi yang di bawa LIPI kali ini diharapkan dapat memacu tumbuhnya pertanian organik yang bukan hanya sehat tetapi memiliki produktivitas tinggi dan berkelanjutan (uff/Humas).

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI