• biotrends17
  • refleksiiph
  • pui2017bsun
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Sudut Biotek

Print

Survey PUI Biorefinery - Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI ke Industri Enzim dan Biomassa di Provinsi Lampung

on .

flip1Lampung-, Pada tanggal 11 Desember 2017, tim Pusat Unggulan Iptek Biorefinery Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI melakukan survey ke industri Enzim dan Biomassa . Survey kali ini di lakukan di Provinsi Lampung. Lampung dipilih sebagai tempat tujuan survey karena potensi bahan baku biomassa yang tinggi dan menyimpan berbagai kekayaan biomassa yang belum banyak dikaji sebelumnya. Survey ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari gambaran secara utuh mengenai industri enzim di Indonesia serta ketersediaan bahan baku biomassa yang ada di daerah, dan tentunya mendapatkan wawasan sekaligus referensi berharga dalam pengembangan penelitian di bidang Biokatalis, enzim dan biorefinery.

 flip1Pada hari pertama, tim PUI biorefinery melakukan perjalanan menuju Lampung Tengah, tepatnya di kabupaten Terbanggi Besar untuk mengunjungi PT Bromelain Enzyme. PT Bromelain Enzyme adalah salah satu anak perusahaan dari Great Giant Food (GGF) yang merupakan salah satu produsen nanas besar di dunia. Tidak tanggung-tanggung, 1 dari enam nanas kaleng yang ada di dunia, berasal dari grup ini. PT Bromelain adalah perusahaan yang memproduksi enzim bromelain hasil ekstrak dari limbah batang nanas. Kapasitas produksi mencapai 50 ton bromelain per tahun. Kapasitas yang besar ini ditunjang dari lahan nanas GGF yang mencapai 24 ribu hektar.

flip1Selain berkunjung ke PT Bromelain Enzyme, tim juga berkunjung ke Universitas Lampung (Unila) yang merupakan Universitas terbesar di Lampung. Di Unila tim disambut oleh Prof. Udin Hasanudin dan Dr. Heri yang juga bergerak dibidang Biorefinery. Diskusi dan tukar informasi yang cukup menarik semakin membuka wawasan tim tentang kekayaan biomassa yang dimiliki oleh Provinsi Lampung. Dari hasil diskusi juga dibahas tentang kemungkinan kerjasama penelitian yang dapat dilakukan dimasa yang akan datang. Untuk memperkuat data biomassa yang ada, tim juga melakukan kunjungan ke beberapa dinas terkait di provinsi Lampung, seperti Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung serta BPTP Lampung.

flip1Banyak pengalaman didapat dari perjalanan selama 3 hari menyusuri kekayaan biomassa di Provinsi Lampung. Dari hasil diskusi dan pengamatan langsung yang dilakukan oleh tim PUI Biorefinery, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan biomassa yang telah dilakukan masih sangat minim. Baru sebatas menghasilkan biogas. Oleh karena itu, melalui kegiatan PUI Biorefinery, pemanfaatan biomassa yang ada di provinsi lampung dapat lebih beragam dan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Misalnya pemanfaatan biomassa untuk produksi functional food. Untuk mewujudkan semua ini, perlu sinergi dan komitmen yang kuat antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI (PUI Biorefinery), Dinas terkait di Provinsi Lampung, Akademisi (UNILA) dan Industri terkait.(Uus Faisal/Pranata Humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

facebook  

twitter 

 youtube