Sudut Biotek

Print

Pemanfaatan Aplikasi Flipping Book Dalam Digitalisasi di Perpustakaan

flip1Cibinong -, Mungkin Flipping book terdengar aneh bagi masyarakat awam, tapi pegiat informasi atau seseorang yang bekerja di perpustakaan pasti tahu tentang flipping book ini. Flipping book merupakan rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya dibalik. Halaman buku berpindah dengan cepat seolah seperti film atau slideshow pribadi milik Anda sendiri. Flipping book juga merupakan cara yang bagus untuk mempelajari bagaimana cara kerja animasi. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat flipping book Anda sendiri, ada yang menggunakan software adobe photoshop in design, flash ataupun software yang sudah jadi dan tinggal diaplikasikan. Aplikasi pembuat flipping book dapat di unduh secara gratis (trial) di website.

 link Aplikasi Pembuat flipping book di website (trial)

  • https://flippingbook.com/online-flipbook
  • https://www.flipsnack.com/
  • https://www.flipbuilder.com/
  • https://www.instantflipbook.com
  • https://pubhtml5.com/
  • http://www.flipbuilder.com/
  • http://fliphtml5.com/
  • http://anyflip.com/
  • http://www.kvisoft.com/flipbook-maker/
  • https://flippingbook.com/
  • https://www.yumpu.com/en
  • https://www.lucidpress.com/
  • http://1stflip.com/

Aplikasi flipping book ini bisa membuat majalah, brosur, katalog e-book menjadi lebih menarik. sebelum menggunakan aplikasi Flipping book, file ataupun dokumen harus berformat pdf ataupun JPG, oleh karena itu bahan pustaka di scan terlebih dahulu menggunakan mesin scanner. Aplikasi flipping book ini sangat berguna untuk digitalisasi informasi. Aplikasi ini bisa dibentuk dalam HTML, Exe, pludgin joomla, wordpress, drupal.

Media surat kabar saat ini juga banyak beralih ke media online, karena banyak surat kabar konvensional banyak ditinggalkan pembaca. Untuk tetap menjaga kesetiaan para pembacanya, mereka melakukan inovasi kemasan dalam bentuk digital. Salah satunya kompas, mereka sudah menggunakan flipping book untuk memanjakan para pembacanya.

e-paperGambar 2. e-Paper media kompas
Apa itu Digitalisasi?

Dalam KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia), Digitalisasi merupakan proses pemberian atau pemakaian sistem digital. Ketika buku-buku konvesional jarang digunakan, digerus oleh perkembangan teknologi yang serba digital, maka masyarakat yang melek teknologi beralih ke buku buku digital. Oleh karena itu pemanfaatan Aplikasi Flipping book atau aplikasi digital lainnya sangat diperlukan untuk masyarakat.

Penggunaan flipping book ditujukan untuk dapat mengemas buku dan informasi dalam tampilan yang menarik serta mudah ditelusuri dalam pencarian isi teks dalam bukunya. File hasil pembuatan menggunakan flipping book, dapat pula menjadi bahan koleksi perpustakaan serta bahan pustaka dalam bentuk digital. Di Indonesia sendiiri masih jarang menggunakan aplikasi seperti ini karena terbentur dana karena kebanyakan berbayar ada yang gratis tetapi dalam bentuk trial (terbatas)

e-paperGambar 3. Flipping book Abstrak KTI Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI
Pemanfaatan di Perpustakaan

Pemanfaatan aplikasi untuk perpustakaan dengan mendigitalisasi koleksi perpustakaan. Informasi yang didapatkan pengguna sekarang ini lebih banyak dari sumber internet dan tidak bisa dihindari, banyak dari pengguna internet lebih memilih internet daripada datang langsung ke perpustakaan dikarenakan lebih cepat dan informasi yang up to date. Koleksi-koleksi perpustakaan yang tua, jadul, tidak update alasan pengguna jarang menggunakan koleksi perpustakaan, tetapi pengguna sering mendapatkan koleksi yang up to date melalui jurnal-jurnal online, buku-buku online di Internet.

Dengan memanfaatkan digitalisasi perpustakaan para pengguna dapat memanfaatkan informasi dimanapun mereka berada dan dapat didownload lebih cepat tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Tantangan perpustakaan sekarang ini harus bermain banyak bermain di koleksi digital. Digitalisasi sendiri sangat berperan penting untuk memajukan perpustakaan, digitalisasi bisa di manfaatkan untuk memajukan perpustakaan yang ada.

Di zaman sekarang ini semua yang ada serba digital , semua diolah menjadi serba digital dengan menggunakan alat alat canggih seperti scanner dan perangkat lainnya. sistem digitalisasi di perpustakaan adalah upaya koleksi perpustakaan cepat dan mudah di akses tanpa harus mencari cari buku lagi ke rak-rak buku yang ada di perpustakaan , ringan dalam penyimpanan serta mudah dalam pengadaan . dimana penggunaan nya berbentuk format elektronik .(suherman/pustakawan)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI