Sudut Biotek

Print

Apakah Google Scholar itu? Sebuah Pengenalan Untuk Menelusuri Literatur

scholar1Cibinong- , Sebagian dari kita jika mendengar kata Google Scholar masih suka bengong. Apa ya Google Scholar itu? Menurut Wikipedia Google Scholar atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Google Cendekia adalah layanan yang memungkinkan pengguna malakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Situs pangkalan data bibliografis yang diluncurkan pada tanggal 20 November 2004 ini dapat membantu kita menemukan karya tulis ilmiah yang sudah diterbitkan dengan memasukkan kata kunci, baik berupa subyek maupun nama pengarang, Pangkalan data bibliografis ini dikembangkan oleh Google dan websitenya adalah https://scholar.google.co.id/.

 

 

 

Contoh penelusuran dengan menggunakan kata kunci Biotechnology, hasilnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini;

scholar2

Dari penelusuran tersebut, ditemukan sekitar 4.410.000 hasil tulisan dengan rentang waktu pencarian sebanyak 0,06 detik yang membahas tentang bioteknologi.

Jika kita menginginkan publikasi dengan kurun waktu tertentu dapat dipilih di sisi kiri tampilan tersebut di atas,misalnya sejak tahun 2016. Jadi, yang ditelusur adalah bidang bioteknologi sejak tahun 2016. Maka hasilnya akan seperti ini :

scholar3

Bila kita ingin mengetahui hasil karya ilmiah seorang pengarang, maka kita dapat mengetik nama pengarang tersebut, misalnya Ibu Dr. Enny Sudarmonowati, dan akan keluar tampilan seperti ini :

scholar4

Hasil penelusuran menemukan sekitar 138 hasil tulisan dengan rentang waktu penelusuran 0,07 detik tanpa dibatasi tahun terbit publikasi.

Dari tampilan tersebut juga terlihat profil penulis yang kemudian disusul dengan daftar publikasi penulis. Publikasi yang terkumpul ada yang menyediakan full text berbentuk pdf dan ada juga yang hanya abstraknya saja. Selain profil penulis, Google juga antara lain menyediakan fasilitas Google Scholar Citation. Demikianlah sekilas pengenalan tentang penelusuran publikasi melalui Google Scholar atau Google Cendekia. (Elly/Pustakawan)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI