Sudut Biotek

Print

Penggunaan Aplikasi Open Source dan Freeware dalam Menunjang Kinerja Pustakawan

forkawanCibinong - , Bertempat di Ruang Rapat Gedung Administrasi Lantai 2 Pusat Penelitian (Puslit) Bioteknologi LIPI - Cibinong, pada hari Jumat tanggal 24 November 2017, Puslit Bioteknologi LIPI mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Pustakawan. Acara yang dikemas santai dan dialogis tersebut dihadiri oleh para pustakawan di lingkungan LIPI Bogor, Cibinong dan Cibodas (BCC). Sebagai pembicara tamu dalam acara tersebut Ahmad Saefudin Surapermana, Ketua Forum Pustakawan BCC - LIPI dan Deden Sumirat Hidayat, Pustakawan Muda Puslit Biologi LIPI.

Dalam sambutan pembukaannya Kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Dr. Bambang Sunarko memaparkan bahwa terdapat perubahan paradigma di bidang perpustakaan, dokumentasi informasi dan pusat informasi lainnya yaitu dimana pengunjung tidak lagi datang secara fisik tetapi berkunjung secara online. Perpustakaan boleh berubah dalam paradigma namun pemenuhan kebutuhan informasi pengguna harus meningkat. Salah satu tolak ukur kinerja pustakawan berupa banyaknya akses ke informasi yang dibutuhkan pengguna secara online.

Sambutan pembukaan Kapuslit Bioteknologi LIPI dilanjutkan dengan paparan tentang pemanfaatan aplikasi open source dalam pengelolaan informasi hasil penelitian (sisinfo-php biotek) Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pengembangan database hasil penelitian menggunakan open source dinilai lebih murah, efisien dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu harapannya data berupa informasi hasil penelitian yang belum terhimpun kedepannya dapat dimanfaatkan baik oleh peneliti di lingkup Puslit Bioteknologi maupun masyarakat secara umum.

Paparan selanjutnya berjudul implementasi aplikasi berbasis open source dan freeware untuk peningkatan kinerja pustakawan. Dalam penjelasannya narasumber menyampaikan berbagai macam open source yang dapat digunakan pustakawan untuk meningkatkan layanan diantaranya google schoolar, scopus dan lain-lain. Acara diakhiri dengan diskusi rencana kegiatan Forum Pustakawan BCC 2018.(Ludya/Pustakawan)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI