Sudut Biotek

Print

Kunjungan Peserta RTRC-MarBest di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI

record1Cibinong - Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menerima tamu peserta Regional Training and Research Center on Marine Biodiversity and Ecosystem Health (RTRC-MarBEST) yang dikelola oleh Pusat Penelitian Oseanografi LIPI dan bekerjasama dengan UNESCO. Pada kesempatan kali ini RTRC-MarBEST mengambil tema training mengenai The Marine Molecular Taxonomy Training Based on Single DNA Barcoding and Metabarcoding.

RTRC pertama diresmikan di Cina dan menyusul di Indonesia yang telah di inisiasi sejak 3 tahun yang lalu. Keberadaan RTRC di Indonesia mutlak dibutuhkan mengingat negara kita memiliki kekayaan biodiversiti bidang kelautan akan tetapi minim kemampuan untuk penelitian dibidang kelautan. Keberadaan RTRC di Indonesia juga mendukung peningkatan penelitian dibidang sumber daya kelautan dikawasan Asia-Fasifik

Pelatihan pertama telah dilakukan pada tahun 2016 dengan fokus pelatihan mengenai taksonomi Crustacea dan pada pelatihan kedua kali ini akan difokuskan pada taksonomi molekuler berdasarkan studi pada single DNA barcoding and metabarcoding dari organisme laut di daerah tropis. Peserta pelatihan RTRC-MarBest sebanyak 25 orang berasal dari 6 negara di kawasan Asean yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina selain itu juga ada peserta yang berasal dari Pakistan, Bangladesh dan Cina.

Training yang berlangsung selama 2 minggu dari tanggal 25 September-5 Oktober 2017, di isi dengan 7 hari perkuliahan, 3 hari untuk pengambilan sampel di lapangan dan 4 hari analisis sampel di laboratorium. Pada kegiatan RTRC-MarBest kali ini, Pusat Penelitian Bioteknologi turut berkontribusi dalam pelaksanaan analisis sampel di laboratorium menggunakan teknik Next Generation Sequencing (NGS). Dalam melakukan analisis, para peserta pelatihan didampingi oleh salah seorang peneliti dari pusat Penelitian Bioteknologi yaitu Dr. Amy Estianti yang dalam kesempatan ini juga ditunjuk sebagai salah seorang Instruktur pada RTRC-MarBest.(esti/humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI