• banyumulek4
  • banyumulek5
  • banyumulek
  • kakao
  • fgd
  • fgd
  • fgd
  • science sma
  • isibio
  • kunjungan
  • biotek-phapros
  • Kunjungan dan diskusi kerja sama Techno Park Banyumulek NTB di lokasi PT Gerbang NTB Emas, mitra Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Mataram, 12 Oktober 2017
  • Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Pemanfaatan Tanaman Lokal guna Bahan Tambahan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Lokasi Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 10 Oktober 2017
  • Kegiatan kunjungan dan konsultasi Praktik Kerja Lapangan para Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram ke Kawasan Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek Nusa Tenggara Barat, Lombok Barat, 9 Oktober 2017
  • Kegiatan dengar pendapat antara Kelompok Tani Kopi dan Kakao Desa Genggelang KLU dengan Komisi XI DPR RI, Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen. Bun.) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kelompok Petani Kakao ‘Bunga Mekar’, Dusun Senara, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, KLU, pada 13 September 2017. Pada kegiatan ini, Peneliti Mikrobiologi Terapan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Fahrurrozi, memaparkan kegiatan kerja sama aplikasi IPTEK fermentasi biji kakao antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
  • Foto para pembicara pada acara Knowledge Sharing and Discussion dengan Judul "Status Terkini Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Pertanian", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 8 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto para pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) dengan Judul "Workshop Peran Riset dan Kebijakan Untuk Penguatan Rantai Nilai Ekonomi Ubi Kayu Indonesia", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 7 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto bersama Kapuslit Bioteknologi LIPI, Dr. Ir. Bambang Sunarko bersama peserta FGD dengan Judul "Sinergi Konsorsium Kemandirian Bahan Baku Obat : Pengembangan Obat Malaria Dihidroartemisinin", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 6 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Kegiatan Science in Touch, Praktik Isolasi dan Ekstraksi DNA bagi Siswa SMA pada Science Week Fair Kedeputian Bidang IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bioteknologi bagi para siswa SMA sejak dini dengan cara yang menarik (fun and fearless). Terlihat peneliti bidang biologi molekuler tanaman, Dr. Wahyuni menerangkan apa itu DNA kepada para siswa dengan cara yang populer.
  • Penandatangan Nasakah Nota Kesepahaman (MoU) antara Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI, Center for Innovation, Indonesian Institute of Sciences (PUSINOV LIPI), Kobe University, Bio-Energy Corporation, PT. Agricinal tentang Cooperation on Development and Implementation of integrated Biorefinery Technology in Indonesia, pada kegiatan International Symposium Innovative Bioproduction Indonesia 2017 (ISIBio 2017), disaksikan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof. Dr. Bambang Prasetya dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Bogor 27 September 2017
  • Kunjungan Direktur Perencanaan & Pengembangan PT Bio Farma (Persero), drh. Sugeng Raharjo, MM.ke booth pameran Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dalam bazzar Science Week Fair IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Tak lupa pada kesempatan ini Bapak Direktur berfoto bersama dengan Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito M.Eng., Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Bioteknologi-LIPI, Dr. Ir. Syamsidah Rahmawati, serta para peneliti senior Bidang Peternakan Puslit Bioteknologi-LIPI, Prof. Dr. Endang Tri Margawati dan Dr. Ekayanti Mulyawati Kaiin.
  • Penandatangan Naskah Non Disclosure Agreement (NDA) antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan PT Phapros Tbk yang dilaksanakan di Cibinong, 4 September 2017. Pada kesempatan ini Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko dan PT Phapros Tbk diwakili oleh Direktur Utama, Barokah Sri Utami, M.M., Apt., serta disaksikan oleh Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, dan Kepala Pusat Inovasi LIPI, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng. Penandatangan NDA ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Science Week Fair Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, 4-9 September 2017.

Sudut Biotek

Print

Deputi IPH LIPI: " Alangkah lebih baik jika kita out of the box, namun harus sesuai dengan norma yang berlaku"

on .

iso2015aCibinong-- Judul diatas merupakan lontaran Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH) LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, saat memberikan sambutan pada acara Launching Penerapan SMM ISO 9001: 2015 di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI pada tanggal 27 April 2017. Menurut Enny, dalam arahannya, semua sivitas LIPI harus menata diri dan kelembagaan,, agar semua terintegrasi, taat aturan dan terstandar. "Apapun peran kita dalam organisasi, alangkah lebih baik jika kita out of the box, namun harus sesuai dengan norma yang berlaku. Oleh karenanya dibutuhkan komitmen bersama," tegasnya. Intinya Enny sangat mendukung penerapan prosedur baru ini.

Seraya menambahkan pesan Deputi IPH LIPI, Kepala Puslit Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko, menyampaikan agar setiap sivitas mengubah input menjadi output dari sasaran kinerja yang ada. Tujuannya, agar kualitas dari organisasi lebih terukur. "Terkadang kita merasa terkalu banyak dokumen, namun lupa esensinya. Jadi semua tercatat oleh sistem tersebut, ” tutur Bambang. Artinya, ISO adalah suatu sistem yang menjamin output yang dihasilkan sesuai dengan sasaran kerja yang diinginkan.

iso2015bLebih lanjut M. Tomtom Makmur, selaku narasumber, menguraikan “perlunya perubahan migrasi ISO”. Beberapa diantaranya: 1) beradaptasi dengan dunia yang berubah; 2) merefleksikan lingkungan organisasi yang semakin kompleks; 3) menyediakan sebuah fondasi yang konsisten untuk masa depan; 4) memastikan bahwa standar yang baru merefleksikan kebutuhan semua pihak yang berkepentingan dan relevan; 5) memastikan keselarasan dengan standar sistem manajemen lainnya.

Menurut Tomtom, “ISO ini bisa diintegrasikan dengan lingkungan yang ada, sesuai dengan sistem yang ada disini,”paparnya. Menurutnya prinsip manajeman mutu terdiri dari: pertama, fokus kepada pelanggan; kedua, kepemimpinan dan keterlibatan karyawan. Kemudian, pendekatan proses, peningkatan dan keputusan atas dasar bukti. Selanjutnya, manajemen hubungan.

Dalam paparannya Tomtom menyampaikan,aspek yang menjadi perhatian antara lain: 1) aspek lingkungan; 2) asperk resiko; 3) manajeman pengetahuan, yaitu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola kegiatan. “Launching ini adalah pernyataan komitmen bersama , sistem yang betul-betul baru, dan bagaimana implementasinya. Apabila dirasakan kurang pas dalam 3 (tiga) bulan pertama, sistem ini dapat diubah, sesuai dengan landasannya," sarannya. Diakhir presentasinya Tomtom mengemukakan, “sistem migrasi mutu terdiri dari: Plan Do Check Action, risiko, monitoring dan evaluasi. Oleh karenanya, diharapkan Satgas SPIP mampu bertugas mengumpulkan daftar resiko yang terjadi. Serta usaha pencegahannya dalam ruang lingkup penelitian, bimbingan teknis, pelatihan, dan kunjungan,”pungkasnya.(Avi/Humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI