Biotek

Partisipasi Pupuk BIO- VA Mikorisa LIPI pada kegiatan “GARUDA GO GREEN ” 2011

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_ma1a9a39

Pupuk Bio VA-Mikorisa LIPI adalah pupuk bio berbasis mikroba potensi yakni jamur tanah mikorisa. Pupuk Bio ini bermanfaat bagi tanaman khususnya dalam menyediakan unsur phosphat. Jamur mikorisa hidup bersimbiosa mutualistis dengan perakaran tanaman. Jamur ini akan menginfeksi perakaran tanaman dan melalui benang benang hipanya mampu menembus jaringan perakaran tanaman dan menembus tanah yang letaknya jauh dari perakaran tanaman. Jamur mikorisa dapat mencari sumber phosphat yang letaknya jauh dari jangkauan akar tanaman dan merombaknya menjadi bentuk yang tersedia bagi tanaman. Selain itu jamur mikorisa mampu menyerap mineral hara tanaman dan juga termasuk air. Pupuk Bio VA- Mikorisa LIPI diproduksi dan dikemas dengan menggunakan bahan pembawa berupa materi tanah.

Pupuk Bio VA-Mikorisa LIPI telah diuji pada sejumlah besar jenis tanaman baik tanaman pangan, hortikultura dan tanaman keras. Sosialisasi kegunaan pupuk Bio VA-Mikorisa ini dilakukan langsung kepada masyarakat petani disejumlah lokasi di Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah berpartisipasi pada kegiatan Garuda Go Green yakni program penghijauan dan pengembangan pertanaman ramah lingkungan. Perusahaan Negara Garuda Indonesia Airways mengidentifikasi bahwa pupuk Bio VA-Mikorisa adalah produk pupuk bio yang baik untuk dilibatkan dalam program penghijauan lahan kritis untuk menunjang gerakan penanaman satu milyar pohon yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Penggunaan pupuk bio mikorisa akan menunjang program pelestarian lingkungan yang amat penting untuk mengantisipasi issue pemanasan global yang telah terjadi di dunia.

Kegiatan Garuda Go Green diisi dengan kegiatan pelatihan yang mencakup pembelajaran tentang pengetahuan biodiversitas mikroba potensi, pemanfaatan dan pengembangannya menjadi produk pupuk bio serta aplikasi dilapangannya. Sosialisasi pupuk bio mikorisa pada kegiatan Garuda Go Green dilaksanakan kepada masyarakat petani yang termasuk dalam kelompok tani Sari Daun di desa Nanggerang, Cicurug, Sukabumi. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Garuda Indonesia sebagai sponsor utama , Departemen Kehutanan, Yayasan Kehati dan LIPI.

Kegiatan pelatihan pembuatan pupuk ramah lingkungan diselenggarakan oleh Kelti Mikrobiologi Tanah P2 Bioteknologi LIPI. Target yang diharapkan adalah terbangunnya kesadaran masyarakat petani akan pentingnya memelihara lingkungan dan pemanfaatan biodiversitas mikroba alam Indonesia sebagai pupuk hayati yang dapat menggantikan pupuk kimia.

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_7a3289c5

Tanaman Cengkeh

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_m354b192

Tanaman Kayu Afrika

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_6de41699

Analisa infeksi jamur diperakaran tanaman

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_6131c5b2

 

Produksi Pupuk Bio VA- Mikorisa


Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_366463d5

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_ma1a9a39

Peserta Pelatihan Pupuk Bio VA-Mikorisa

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_1cd05506

Materi Pelatihan Pembuatan Pupuk Bio VA-Mikorisa

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_m5f5959fa

Kelompok Tani Sari Daun

 

Mikorisa_-Intra_LIPI_final_html_2407c42bProfile Kelompok Penelitian

Kelompok Peneliti Mikrobiologi Tanah

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

Jl. Raya Bogor KM 46

Cibinong

Harmastini Sukiman

Sylvia Lekatompessy

Rumella Simarmata

Tiwit Widowati

Nuriyanah

Liseu Nurjanah

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI