Biotek

ADI SANTOSO RAIH PENGHARGAAN KOMPETITIF LIPI

Peneliti biologi molekuler itu menerima Competitive Award karena berhasil melakukan penelitian dengan hasil yang menonjol.

 

Peneliti biologi molekuler itu menerima Competitive Award karena berhasil melakukan penelitian dengan hasil yang menonjol.

"Hasil penelitian ini sangat menjanjikan," kata Umar Anggara Jenie, kepala lembaga penelitian itu, dalam Seminar dan Ekspose Hasil Program Kompetitif LIPI di Jakarta kemarin. "Metode yang digunakan Adi bisa menghasilkan hormon darah yang jauh lebih murah daripada produk yang ada di pasar sekarang karena diproduksi pada tumbuhan."

Umar menuturkan hasil penelitian tentang hormon pemacu pertumbuhan sel darah merah ini bisa digunakan dan dirasakan masyarakat serta memicu peneliti lain. Penderita anemia, leukemia, dan gagal ginjal, serta orang yang harus melakukan cuci darah akan sangat tertolong dengan penelitian ini.

Tak heran, penelitian doktor dari North Dakota State University ini berhasil menyisihkan 33 karya peneliti lain yang masuk program kompetitif LIPI. Wakil Kepala LIPI Lukman Hakim menyatakan, selain sisi keaslian, efisiensi dana, dan teknologi yang dipakai dalam penelitian Adi, penelitian ini sedang jadi tren di dunia internasional. "Tak cuma eksplorasi, penelitian ini juga menghasilkan produk," ujarnya.

Penelitian dalam program kompetitif LIPI ini, kata Lukman, bukan penelitian awal. Peneliti utamanya harus memiliki reputasi yang diakui di komunitasnya. Penelitian ini juga harus dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah terkemuka.

LIPI juga memilih tiga karya lain sebagai penelitian terbaik di masing-masing kategori. Penelitian karya Novik Hidayat, peneliti dari Puslit Biologi LIPI, terpilih sebagai karya terbaik kategori eksplorasi. Karyanya berjudul "Tumbuhan dan Mikroba Daerah Vulkanis Sebagai Sumber Bahan Bioaktif Selenoprotein untuk Antioksidan, Pencegahan, dan Terapi Kanker."

Penelitian terbaik kategori produk diraih Wuryaningsih dan rekan satu timnya. Peneliti Puslit Kimia LIPI itu mengajukan karya "Perekayasaan Pilot Plan Surfaktan Berbasis Sawit Secara Otomatis." Sedangkan kategori kebijakan diperoleh penelitian "Penyebab, Karakterisasi, dan Penyelesaian Jangka Panjang" karya Dr Thung Ju Lan.

Oleh : I Tjandra
Sumber : Tempo (13 September 2008)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI