• banner web 4a
  • banner web hut ri
Print

Peralatan Utama Laboratorium Puslit Bioteknologi LIPI

on .

Peralatan Analisis Proksimat

image002image004image006

Analisis proksimat banyak diminati baik oleh peneliti maupun swasta. Satu set peralatan terdiri dari Auto Fat Extraction System, Auto Fibre Analysis System, Digestion Unit, dan Distillation Unit. Masing-masing alat dalam kondisi bagus dan banyak dimanfaatkan. Pengujian proksimat utama yang dilakukan yaitu analisis Lemak Kasar (LK), Protein Kasar (PK), dan Serat Kasar (SK).

Gas Chromatography (GC) dan GC-MS

image008 - Copy

Perangkat GC dilengkapi dengan detektor FID dan TCD. Beberapa senyawa yang dapat dianalisis yaitu metanol, etanol, etilen, asetilen, hidrogen, dan karbondioksida. Peralatan GC-MS biasa digunakan untuk analisis berbagai macam asam organik. Peralatan GC dapat melayani jasa pengujian.

High Performance Liquid Chromatography

image010 - Copy

HPLC yang terbaru memiliki fitur autosampler dan pompa sampel multi. Fitur yang dimiliki memudahkan pengoperasian dan pemrograman langkah-langkah analisis. Alat ini banyak digunakan untuk pengujian jenis dan kandungan gula (sakarida/oligosakarida).

Spektrofotometer UV-Vis

image012 - Copy

Terdapat beberapa spektrofotometer dengan rentang spesifikasi pengukuran pada panjang gelombang 190-1100 nm. Penggunaan spektrofotometer cukup intensif terutama pada penelitian kimia bahan alam dan bioproses. Disamping peneliti, banyak mahasiswa yang memanfaatkan alat tersebut.

Liquid Chromatography Mass Spectrometry (LC-MS/MS)

image014 - Copy image016 - Copy

Peralatan ini menggunakan metode ionisasi ESI (Electrospray Ionisation). Sistem triple quadrupole yang ada pada Mass Spectrometry memungkinkan untuk melakukan targeted analysis dengan limit deteksi yang sangat rendah (ppb). Saat ini penggunaan alat lebih banyak untuk analisis pestisida, antibiotik, dan konfirmasi berat molekul senyawa murni atau semi murni hasil kromatografi kolom.

Sekuenser DNA

image018 - Copy

Sekuenser genom ini dapat mendukung aplikasi yang beragam, mulai dari sekuensing gen terarah untuk metagenomik, sekuensing genom kecil, dan analisis ekspresi gen. Analisis berlangsung secara singkat dan praktis dengan dukungan kit preparasi yang teroptimasi dan automatisasi analisis data.

Droplet Digital PCR

image020 - Copy

Keunggulan dari alat ini adalah ketelitian yang tinggi dalam kuantifikasi molekul target baik DNA maupun RNA. Satu sampel dapat dipartisi menjadi 20.000 droplet berukuran nano liter. Selanjutnya partisi-partisi tersebut dianalisis secara statistik dan berurutan. Aplikasi alat ini dapat mendukung penelitian di bidang penemuan biomarker kanker, penyakit infeksi, genomik, dan ekspresi gen.

Fluorometer

image022 - Copy

Kuantifikasi DNA, RNA, dan protein dapat dilakukan dengan akurasi dan sensitifitas tinggi dengan menggunakan alat ini. Dibandingkan dengan kuantifikasi berbasis absorbasi UV. Sensitifitas yang tinggi sangat vital untuk meminimalisir efek kontaminan. Pada kondisi sampel yang encer dan volume sekecil 1 µL sensitifitas tetap tinggi.

PC-based UV Gel Documentation System

image024 - Copy

Keamanan dari kontaminasi bahan kimia berbahaya seperti etidium bromida lebih terjamin dengan menggunakan alat ini. Pekerjaan dilakukan di laboratorium dan data bisa diakses komputer masing-masing anggota laboratorium melalui jaringan internal. Kualitas gambar yang dihasilkan memuaskan dan mudah untuk mengedit dan memberi keterangan pada gambar. Alat ini bagus digunakan untuk mendukung analisis mulai dari berat molekul dan penghitungan koloni.

Sistem Purifikasi Protein

image026

AKTA purifier merupakan unit pemurnian protein skala laboratorium yang dapat memproses sampel ukuran mikrogram hingga milligram. Unit ini mempunyai kemampuan deteksi dengan 3 panjang gelombang dan injeksi sampel multi hingga 8 sampel. Saat ini alat dimanfaatkan untuk mendukung penelitian di bidang protein terapetik.

Integrated Milk Testing (BactoScan™)

image028

Bagi peternak maupun laboratorium, analisis kandungan bakteri dalam susu sangat penting untuk menjamin kualitas produk/sampel. Alat ini dapat menganalisis 65 sampel dalam 1 jam sehingga memungkinkan hasil analisis diperoleh dalam beberapa menit. Dengan menghitung setiap sel tunggal bakteri, bukan cluster, akurasi menjadi lebih tingggi. Factor human error dapat diminimalisir jika dibandingkan dengan metode Total Plate Count.

 

Milk Analysis System (MilkoScan™)

image030

Berbagai parameter penting dapat dianalisis dengan alat ini untuk mengetahui kandungan susu, krim, dan yoghurt. Peremeter tersebut meliputi protein, lemak, asam lemak bebas, laktosa, keasaman total, densitas, dan padatan total.

Somatic Cell Analyzer

image032

Analisis sel somatik skala laboratorium atau industri kecil dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Dalam satu jam, rata-rata 50 sampel dapat dianalisis dan dan laporan hasil sudah terkomputerisasi. Penggunaan reagen lebih praktis dengan disediakannya larutan khusus dari pemasok. Alat ini digunakan untuk menganalisis sampel susu dan dairy product lainnya. Sampel diukur dengan menggunakan prinsip yang sama dengan FTIR dan tanpa proses pemanasan awal. Terdapat juga fasilitas auto-cleaning.

 

Fermentor

image034image036

Fermentor skala 10 liter dengan sistem pengendalian terkomputerisasi yang mudah dioperasikan dengan layar sentuh. Lebih dari 10 langkah proses dapat diatur secara otomatis. Data proses direkam secara real-time untuk memudahkan optimasi parameter fermentasi. Saat ini, fermentor banyak dimanfaatkan untuk penelitian bioproses dan bioenergi.

 

Mikroskop Mutakhir

image038image040

Beberapa mikroskop berkinerja tinggi ada untuk mendukung analisis. Kebutuhan mikroskop untuk riset bervariasi, mulai dari kebutuhan pengamatan dasar hingga pengamatan proses transportasi dalam sel atau organisme seperti perpindahan sel darah dalam sistem pembuluh. Salah satu alat yaitu Laser Scanning Microscope dapat melakukan penetrasi pemindaian ke dalam sampel. Kecepatan pemindaian ratusan frame per detik menghasilkan akurasi pengamatan yang tinggi.

 

Sentrifus dengan Berbagai Kapasitas

image042

Sentrifus terbaru yang dimiliki dapat beroperasi pada rentang suhu -20o – 40oC dengan kecepatan putaran maksimum 150.000 rpm. Kapasitas terbesar yang dimiliki adalah 1000 mL x 4. Sentrifus dapat mendeteksi ketidakseimbangan pada rotor sehingga meminimalisir kerusakan akibat kekeliruan dalam pengecekan keseimbangan berat sampel oleh pengguna. Layar sentuh yang sensitif memudahkan pengoperasian.

(Eko WP/Ka.Sub.Bid. Peralatan Penelitian)

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI