Produk

Probiotik Unggul untuk Sapi Potong (Probiomix T-10)

Nama Produk Teknologi

Probiotik Unggul untuk Sapi Potong (Probiomix T-10)

Inventor

Nurul Fitria Sari, Rohmatussolihat, Roni Ridwan, Rusli Fidriyanto, Wulansih Dwi Astuti dan Yantyati Widyastuti

Deskripsi Produk / Teknologi

Mulai 1 Januari 2018 UU No 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,yang melarang penggunaan antibiotik dan hormon pertumbuhan pada budidaya ternak, mulai diterapkan. Oleh karena itu perlu bahan aditif lain, yang aman dan secara regulasi diperbolehkan. Salah satunya adalah PROBIOTIK. Trend penggunaan probiotik semakin berkembang terutama di luar negeri dan dituangkan dalam regulasi (EC) No 1831/2003 (Anadon et al. 2006), UU RI No 41. 2014, dan Peraturan Menteri Pertanian RI No 46/PERMENTAN/PK.210/8/2015.Probiotik merupakan mikroorganisme hidup digunakan pada ternak ruminansia untuk meningkatkan keseimbangan mikroba rumen dan memberikan pengaruh positif terhadap ternak. Keseimbangan mikroba rumen yang distimulasi oleh probiotik meningkatkan efisiensi pakan, kesehatan saluran pencernaan dan produktivitas ternak.

Probiomix T-10 mengandung Lactobacillus plantarumTSD-10,telah diuji secara in vitro dan in vivo pada sapi PO fistula serta di skala farm, mampu meningkatkan produktifitas ternak sapi potong dan sapi perah. Berdasarkan hasil analisis, probiotik mengandung 9.8 x 108 CFU/ml bakteri asam laktat, tidak mengandung bakteri patogen (koliform, E.coli, Salmonella sp, S.aureus), logam berat (Pb, Cd, Sn, Hg, As) dan aflatoksin.

Keunggulan:

  • Harga murah karena menggunakan media modifikasi yang lebih ekonomis

  • Memiliki populasi mikrobia tinggi 

  • Meningkatkan kualitas susu dan daging. Pemberian probiotik (10 ml probiotik per ekor per hari pada sapi perah) secara kontinyu selama 3 bulan dapat meningkatkan produktivitas susu sebesar 10-20% (Kelompok ternak SPR-Kunak, Cibungbulang 15-20%; Kelompok Peternak Tajur Halang, Cijeruk 15%; dan Kelompok Peternak Giri Tani Cisarua10-15%)

  • Tersedia dalam bentuk cair dan serbuk

  • Stabil pada suhu 40oC.

Potensi aplikasi:

Industri peternakan, peternak

Proses Alih Teknologi Melalui

Kerja Sama Lisensi Teknologi

Masyarakat / Industri Penerima Teknologi

Industri peternakan, peternak

Foto

probiotik1     probiotik2     

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI