• banner biotek2

Pelatihan

Print

Pelatihan

on .

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan mahluk hidup (bakteri, fungi, virus, tanaman, hewan, dan lain-lain) maupun produk dari mahluk hidup (DNA, protein, enzim, dan sebagainya) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Oleh karena itu cabang ilmu ini sangat luas dan memerlukan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

Bioteknologi sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Di bidang pangan misalnya, pemanfaatan khamir yeast untuk pembuatan bir, roti dan keju sejak dulu kala sudah diaplikasikan. Di bidang kesehatan, pemanfaatan antibiotik dari bakteri untuk dunia medis juga sudah lama didokumentasikan.

Guna memasyarakatkan manfaat dan penerapan bioteknologi ke tengah masyarakat, maka dibutuhkan pelatihan bioteknologi. Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menyediakan layanan pelatihan yang diperuntukkan baik bagi pelajar, mahasiswa, instansi negeri dan swasta serta masyarakat umum yang ingin lebih jauh mengenal bioteknologi.

Adapun prosedur layanan pelatihan bioteknologi adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Surat permohonan didisposisikan kepada Kepala Bidang PDHP.

  2. Jika permohonan dari pemohon eksternal maka Kepala Bidang PDHP mendisposisikan surat kepada Kepala Sub Bidang DK dan Kepala Laboratorium terkait. Jika permohonan dari pemohon internal terkait permohonan penyelanggaraan pelatihan maka surat hanya disposisikan ke Kepala Sub Bidang DK.

  3. Kepala Sub Bidang DK berkoordinasi dengan Kepala laboratorium/Bidang/Bagian terkait pelatihan yang akan diselenggarakan. Hasil koordinasi direkam pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-1: Persetujuan Pelaksanaan Kegiatan. Jika permohonan dari luar maka ditandatangani Kepala Laboratorium tapi jika permohonan dari dalam untuk menyelenggarakan pelatihan maka Kepala Bidang PDHP yang menandatangani.

  4. Jika menyetujui Kepala laboratorium membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Agenda kegiatan yang direkam pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-2. Rencana Anggara Belanja dan Agenda Pelatihan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Sub. Bidang DK.

  5. Kepala Sub Bidang DK memeriksa kemudian diserahkan ke Kepala Bidang PDHP untuk disetujui. Untuk permohonan dari internal terkait menyelanggarakan pelatihan, dilanjutkan dengan langkah ke-10 pada prosedur ini.

  6. Petugas layanan melakukan komunikasi dengan pelanggan yang direkam pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-3-1. Komunikasi dengan Pelanggan.

  7. Jika disetujui petugas layanan membuat draft surat balasan resmi yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi melalui Kepala Sub Bidang DK dan Kepala Bidang PDHP

  8. Pemohon membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Surat permohonan didisposisikan kepada Kepala Bidang PDHP.

  9. Balasan asli dikirim ke pemohon oleh sekretaris pimpinan, salinannya dikirim kepada pihak terkait./span>

  10. Setelah menerima surat balasan, maksimal sepuluh hari kerja sebelum pelaksanaan pelatihan, pemohon melakukan pembayaran melalui rekening PNBP dan menyerahkan salinan bukti penyetoran kepada petugas layanan untuk kemudian menyerahkan ke petugas bendahara penerimaan. Jika ada perubahan yang diminta pelanggan maka di rekam pada P2BOTEK/FR/DK/7.5-3-2:Persyaratan Produk Yang Di Rubah yang di serahkan ke petugas layanan.

  11. Sehari sebelum pelaksanaan pelatihan, petugas layanan berkoordinasi dengan petugas terkait untuk memeriksa kelengkapan pelatihan yang meliputi tempat, peralatan, dan materi pelatihan tercatat pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-3: Daftar Periksa Kelengkapan Kegiatan.

  12. Pada hari pelaksanaan, sebelum pelaksanaan kegiatan, petugas layanan mempersiapkan kelengkapan melalui daftar ceklist P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-3: Daftar Periksa Kelengkapan Kegiatan.

  13. Setelah pelatihan selesai, petugas layanan menyerahkan sertifikat kepada peserta dan direkam pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-5: Penyerahan Produk

  14. Petugas layanan mengumpulkan informasi kepuasan pelanggan dari pemohon/pelanggan P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-6: Kepuasan Pelanggan

  15. Apabila ada kritik dan saran dari pelanggan maka dicatat pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-7.Umpan Balik Pelanggan, selanjutnya di serahkan ke Kepala Sub Bidang DK.

  16. Setelah pelaksanaan Kepala Sub Bidang DK mengevaluasi kegiatan dan membuat laporan kegiatan yang terekam pada P2BIOTEK/FR/DK/7.5-1-8: Laporan Berkala Produksi dan Penyediaan Jasa, dan diserahkan kepada Kepala Bidang PDHP paling lambat 5 hari kerja.

  17. Kepala Bidang PDHP memeriksa dan menandatangani laporan untuk kemudian menjadikan laporan tersebut sebagai capaian lembaga yang didokumentasikan di intra.lipi.go.id sebagai kegiatan lembaga.

Untuk lebih jelasnya prosedur pelatihan dapat dilihat pada diagram alur di bawah ini:

pelatihan

 

Beberapa contoh dokumentasi kegiatan pelatihan yang pernah diselenggarakan:

pelatihan1pelatihan2pelatihan3pelatihan4

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

icon-pelatihan-b

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI