• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
Print

Aktivitas Antioksidan Dan Toksisitas Ekstrak Etanol Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii L.) Asal Daerah Aceh Ambon , Bau-Bau, Brastagi, Ciawi Dan Jambi) : Laporan Praktek Kerja 2018

kayumanisKayu manis termasuk komoditi ekspor Indonesia dan diketahui memiliki potensi antioksidan maupun kemampuan toksisitas dalam kadar tertentu sehingga dalam penelitian ini dilakukan uji beberapa sampel kayu manis yang berasal dari daerah berbeda.

Kerja praktik ini secara umum bertujuan untuk memenuhi syarat mata kuliah kerja praktik, menambah wawasan, dan pengalaman mahasiswa dalam dunia kerja terutama dunia penelitian. Kerja Praktik yang dilakukan secara khusus bertujuan untuk menguji aktivitas antioksidan dan toksisitas dari ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmanni) dari beberapa daerah, yaitu Aceh, Ambon, Bau-bau, Brastagi, Ciawi, dan Jambi. Laboratorium Kimia Bahan Alam di Bioteknologi LIPI adalah salah satu dari sekian banyak laboratorium yang berada di Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Bioteknologi-LIPI) yang bernaung di bawah lingkungan kerja dan bertanggung jawab kepada Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Kedeptuian IPH-LIPI). Laboratorium Kimia Bahan Alam bergerak dalam bidang bioteknologi terkhususnya analisis kimia berbagai bahan alam di Indonesia. Kerja Praktik dilaksanakan di Laboratorium Kimia Bahan Alam di Bioteknologi LIPI karena berhubungan dengan senyawa tanaman yang dipakai dalam bidang industri kesehatan yang sesuai dengan peminatan studi Teknobio-Industri. Ekstrak kayu manis yang diuji aktivitas antioksidan dan toksisitasnya didapatkan hasil terbaik berupa nilai IC50 (Inhibitory Concentration) sebesar 4,93561 ppm dari kayu manis asal daerah Jambi dan nilai LC50 (Lethal Concentration) sebesar 40,873 ppm dari kayu manis asal darerah Bau-Bau yang dipengaruhi oleh kandungan senyawa dalam tanaman akibat faktor lingkungan tumbuhnya.( Christy Jacub / Dosen Pembimbing : Dr. E. Mursyanti, M.Si. ; Dosen Penguji : Drs. Boy Rahardjo Sidharta, M.Sc.)

Url: http://perpus.biotek.lipi.go.id/index.php?p=show_detail&id=15923&keywords=

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI