• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
Print

Pengaruh Penambahan Glutation terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Peranakan Ongole (PO) Pascapengeringbekuan dengan Suhu Pembekuan -196°C : Skripsi

artikel-22agust18Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penambahan glutation dengan konsentrasi 0,5 mM (KP 1), 1,0 mM (KP 2), dan 1,5 mM (KP 3) ke dalam pengencer tris-kuning telur (TKT) 20% terhadap kualitas spermatozoa sapi peranakan ongole (PO) pascapengeringbekuan dengan suhu pembekuan -196°C.

Sampel ditampung dari dua ekor sapi PO masing-masing satu kali dalam satu minggu menggunakan metode vagina buatan. Semen sapi PO dikemas ke dalam cryotube 1,5 ml dengan dosis 25 juta sel/ml. Semen diekuilibrasi selama 3 jam pada suhu 4--5°C, kemudian dibekukan menggunakan nitrogen cair yang memiliki suhu -196°C. Semen selanjutnya dikeringbekukan selama 24 jam pada suhu -60ºC dan tekanan 0,011 mBar. Hasil uji ANAVA satu faktor yang dilanjutkan dengan uji perbedaan berganda Tukey menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nyata (P < 0,05) antara KK dan KP 1, KP 2, dan KP 3 terhadap viabilitas spermatozoa pascapembekuan, serta perbedaan nyata (P < 0,05) antara KK dan KP 2 terhadap integritas membran spermatozoa pascapembekuan dan pascapengeringbekuan.(Shabrina Haidir / Pembimbing I : Dra. Setiorini, M. Kes; Pembimbing II : Muhammad Gunawan, S.Pt, M.Si)

Url: http://perpus.biotek.lipi.go.id/index.php?p=show_detail&id=15928&keywords=

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI