çadır
Artikel

Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar: Sosialisasi Penggunaan SKP Bagi Petugas Pengamanan

| Print |

Thursday, 20 March 2014 13:44

asosialisasi 021Cibinong, Amanah pasal 1 Undang-Undang RI No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, dijelaskan bahwa perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Read more...

 
 

LIPI Integrasi Jurnal Ilmiah Nasional

| Print |

Thursday, 02 February 2012 19:39

Menurut Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Lukman Hakim, jurnal ilmiah nasional tidak terintegrasi. Situasinya saat ini, masih sulit untuk mengakses jurnal secara nasional karena kondisi masih tercetak dan tersebar di penerbit. Padahal, tidak lagi jurnal cetak semata, pergeseran tren ke arah jurnal ilmiah yang elektronik kini makin berkembang dan menjadi tuntutan.

LIPI melalui dua satuan kerja yang melaksanakan pembinaan terhadap jurnal ilmiah di Indonesia sudah mengintegrasikannya secara perlahan. Kedua satuan kerja itu adalah Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) dan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti.

PDII LIPI sebagai lembaga yang mengeluarkan nomer internasional (ISSN) dari tahun 1980-an bagi penerbitan jurnal ilmiah di Indonesia, sementara Pusbindiklat Peneliti LIPI merupakan lembaga yang melaksanakan akreditasi jurnal ilmiah khususnya untuk lembaga penelitian.

PDII LIPI bersama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) telah meluncurkan Indonesia Scientific Journal Database (ISJD) pada 2009. "Sebanyak 4.000 jurnal dengan 70.000 artikel dari seluruh Indonesia sudah terintegrasi dalam jurnal online tersebut selama dua tahun terakhir ini. Pengakses sudah lebih dari 1,7 juta pengunjung dari seluruh dunia," jelas Lukman.

Penerbitan jurnal ilmiah merupakan sarana komunikasi yang penting bagi para peneliti guna menyampaikan segala hasil penelitian yang sudah dilaksanakan. Hasil penelitian tersebut, kata Prof. Lukman, akan menjadi acuan peneliti lain agar tidak terjadi pengulangan penelitian yang sama.

Banyak pengulangan penelitian yang terjadi karena para peneliti yang kurang dapat update informasi dalam jurnal, baik nasional maupun internasional.

Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI Dr. Enny Sudarmonowati menyatakan, langkah integrasi ini perlu dukungan berbagai pihak guna meningkatkan akses informasi jurnal imilah nasional yang lebih cepat dan mudah.

National Geographic Indonesia, 31 Januari 2012

» Kontak : Enny Sudarmonowati

 
 

Profil Masyarakat Literasi Indonesia (MLI)

| Print |

Saturday, 03 December 2011 09:07

Mukadimah

 

Buku adalah jendela dunia, merupakan pusaka kemanusiaan yang memembuat peradaban berlangsung hingga hari ini. Di dalamnya terkandung jiwa zaman di sepanjang waktu. Ia adalah jendela dunia yang mangandung hikmah masa lalu. Penghargaan terhadapnya adalah pengagungan pada kemajuan bangsa. Buku adalah memori peradaban manusia. Thomas Carlyle mengatakan “In book lies the soul of the whole past time.” Hanya dengan buku kita dapat mengenggam dunia, menjelajahi seluruh pemikiran dan imajinasi yang terhampar di jagat raya.

 

Buku bagaikan dunia yang dijilid, seluruh hasil cipta, karsa, dan karya manusia dapat dilestarikan.. Di dalam buku tersimpan rekaman-rekaman teori yang bisa melahirkan suatu teori baru. Bukankah setiap penemuan suatu teori baru selalu dilandasi oleh teori sebelumnya? Sebagaimana yang dikatakan Issac Newton, "Jika saya mampu melihat jauh, maka hal itu disebabkan karena saya berdiri di pundak para jenius terdahulu"

 

Buku adalah guru yang paling baik karena buku tidak pernah jemu menggurui kita. Ia dengan sabar membimbing dan melayani pembacanya baik yang berkecepatan lamban maupun supercepat. Ia bisa menghampiri kita kapan pun, tidak terikat waktu dan tempat, dan yang pasti menjadikan orang lebih bijaksana. Buku adalah satu-satunya alat untuk mempelajari abad-abad yang sudah lewat. Buku adalah kunci terbaik untuk memahami bangsa-bangsa lain yang belum kita kunjungi.

 

Akan tetapi, kini jendela dunia itu telah koyak di negeri kita! Maka rakyat pun tidak sanggup memandangi indahnya wajah dunia yang penuh pesona ini. Dunia yang dapat dilihat adalah dunia yang tersobek dan compang-camping. Belum cukup sampai disitu. Kekaburan melihat dunia juga diperparah oleh tingkat kerabunan bangsa kami karena dilanda gejala buta aksara di mana-mana. Kesedihanpun kian menjadi dengan melihat perpustakaan—yang merupakan taman para pencari hikmah—dikelola asa-asalan oleh para pustakawan yang hanya berperan sebagai penunggu buku, bukan sebagai garda ilmu pengetahuan.Keadaan tidak akan berubah dengan sendirinya. Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Kami merasa terpanggil untuk menjalin serpihan-serpihan dan merekatnya menjadi sebuah jendela dunia yang kokoh supaya bangsa ini dapat melihat keindahan dunia. Dilandasi dengan rasa keterpanggilan itulah kami mendirikan perkumpulan lembaga swadaya masyarakat yang dinamai Masyarakat Literasi Indonesia (MLI), untuk mengajak rakyat Indonesia bersama-sama membuka jendela dunia.

 

Tujuan

Membangun masyarakat berbasis pengetahuan

 

Misi

Untuk mencapai tujuan tersebut diusahakanlah hal-hal sebagai berikut :

 

1. Membebaskan bangsa Indonesia dari buta aksara

2. Membina masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang gemar membaca

3. Mempersiapkan bangsa Indonesia untuk menjadi masyarakat informasi

 

Program

1. Membuka Jendela Dunia

Data statistik menyodorkan sebuah kenyataan yang memilukan bahwa Indonesia termasuk negara yang memilki jumlah penduduk buta aksara terbesar di dunia. Dan kenyataan lain membuktikan bahwa sudah menjadi hukum besi sejarah bangsa yang lemah karena kebodohan selalu menjadi jajahan negeri yang kuat karena lebih pintar. Angka buta aksara kini menjadi salah satu indikator—dua pertiganya—perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI). Indonesia akan meningkat dari posisi 110 ke posisi 95 dari 179 negara apabila mampu menurunkan angka buta aksara lima persen saja. Melek aksara dan literasi informasi adalah kunci kemajuan sebuah bangsa.

Kami turut serta dalam memberantas penyakit buta aksara yang masih mewabah di negeri kita ini. Dengan konsep pendekatan yang besifat total action serta metodologi penyampaian yang modern, simpel, dan praktis.

 

2. Membangun Taman Para Shofis

Kami menyebut perpustakaan dengan taman para pecinta pengetahuan (shofis). Perpustakaan layak disejajarkan dengan tempat suci karena dengan tempat inilah manusia bisa beda dengan makhluk lain. Perpustakaan merupakan wajah peradaban sebuah bangsa. Untuk itu perlakuan yang istimewa dalam merawat dan mengembangkan perpustakaan merupakan keniscayaan. Dimulai dengan akusisi atau pengadaan bahan pustaka dengan sistem yang bernalar, pengelolaan dengan rapih dan terampil, katalogisasi, klasifikasi, penentuan tajuk subjek (subject heading), sirkulasi, pendidikan pemakai. Itu semua merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh pengelola perpustakaan. Dengan teknik pelatihan yang kami miliki, semua bidang tersebut dapat dipelajari hanya dalam waktu tiga hari saja. Dengan prinsip first think first kami dapat menyelenggarakan pelatihan yang singkat dan akurat. Dan ini merupakan tipikal kami.

Keterbatasan koleksi karena keterbatasan dana sudah merupakan fenomena umum perpustakaan. Akan tetapi kebutuhan informasi masyarakat tetap harus terlayani, untuk itu diperlukan kreativitas. Kami akan ajari anda bagaimana cara membangun koleksi alternatif dengan mengoptimalkan sumber informasi yang ada. Selain merupakan solusi yang dapat diaplikasikan, dengan sedikit sentuhan bisnis, dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan untuk membangun perpustakaan mandiri. Kami juga mengemban tugas untuk membantu membuat perpustakaan sekolah, perusahaan, pribadi, perustakaan umum, termasuk kami sangat berpengalaman dalam manangani perpustakaan keliling. Apabila anda sudah memiliki perpustakaan akan tetapi ingin lebih optimal dan maksimal kami pun bersedia membantu upaya revitalisasi perpustakaan anda.Mari kita sama-sama membuka jendela dunia!

Dalam memasuki peradaban gelombang ketiga, penerapan teknologi di perpustakaan merupakan keniscayaan. Perpustakaan maya untuk mengimbangi akselerasi perubahan dapat kami hadirkan di lingkungan kerja anda. Dikerjakan oleh pakar digital library yang berlatar pendidikan Jepang serta para praktisi teknologi informasi terkini merupakan jaminan dari kami untuk sebuah layanan yang mengedepankan profesionalisme.

 

3. Mencipta Garda Pengetahuan

Kami menyadari bahwa sehebat apapun infrastruktur dan koleksi perpustakaan yang dimiliki tidak akan bermanfaat banyak bagi masyarakat jika sumber daya manusia pengelola perpustakaan yang ada tidak berkualitas. Untuk itu kami menyelenggarakan pelatihan kepustakawanan. Pelatihan tidak hanya berorientasi pada penguasaan teknis, akan tetapi lebih pada pembentukan kepribadian pustakwan supaya termotivasi untuk menjadi knowlege manager atau information entrepreneur, karena pustakawan sekarang berfungsi sebagai garda pengetahuan. Misi kami adalah melakukan rekontruksi kepribadian pustakakawan untuk dapat kembali menjadi sebuah profesi yang luhur dalam sejarah peradaban manusia. Kami akan mengajari punstakawan bagaimana cara membebaskan buku dari penjara perpustakaan.

 

4. Pengetahuan Sebagai Kekuatan

Kini kemajuan seseorang, organisasi, atau sebuah bangsa sangat ditentukan oleh tingkat penguasaan informasi. Informasi sudah menjadi komoditas yang diperebutkan oleh manusia sejagad dalam rangka menghidari diri dari ketergilasan oleh roda zaman yang semakin tidak kompromi. Berkat kemajuan teknologi kini informasi diproduksi secara massal, sampai terjadi ledakan informasi (information explotion). Akan tetapi di sisi lain waktu tidak pernah bertambah, sehingga tidak mungkin setiap orang mengikuti semua sumber informasi yang ada. Untuk itu kami menawarkan layanan penyediaan informasi terseleksi yang dikemas secara profesional dalam bentuk yang beragam. Kami menyediakan layanan kliping (hardcopy and softcopy) dengan berbagai macam subjek sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk kebutuhan yang lebih spesifik, kami juga menyediakan paket informasi (information package) yang dikerjakan oleh spesialis informasi yang berpengalaman dalam penelurusan informasi dari beragam sumber literatur rujukan.

 

Organisasi

 

Masyarakat Literasi Indonesia merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah memiliki legalitas dengan No. 18, tangal 16 Pebruari 2007 oleh Notaris Irma Rachmawati, SH. Jl. Dipati Ukur No. 43 Telp/Fax. (022) 2503119 Bandung.

 

Kantor MLI berkedudukan di Kampus LIPI, Jl. Sangkuriang Bandung, Jawa Barat – 40135, Tlp.022-2534940, Fax.022-2503050, Hp. 08157155494.

 

Masyarakat Literasi Indonesia dikelola oleh orang-orang profesional idealis dengan segudang ide dan gagasan. Di dalamnya berhimpun para pustakawan, arsiparis, dokumentalis, pendidik, penulis, trainer, dan pakar teknologi informasi dengan latar yang beragam, mulai dari akademisi dan praktisi sampai pada event organizer. Dengan susunan struktur organisasi sebagai berikut:

 

 

Pengurus

Ketua : Suherman, M.Si.

Wakil Ketua : Nurmaya, S.Sos.

Sekretaris 1 : Ir. Reyhanani

Sekretaris 2 : Acep Muslim

Bendahara : Satinah, S.Sos.

Direktur Eksekutif :

 

Penasehat

Bogi Soedjatmiko, Ph.D.

 

Pengawas

Arifin Sobari, S.Sos.I.

 

 

Sumber : http://www.bit.lipi.go.id/masyarakat-literasi/

 
 

Page 1 of 11

Bioresources LIPI Expo 2014

logoseminar-bioresources2014

VIDEO BIOTEKNOLOGI-LIPI



Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Reformasi Birokrasi

Bimbingan Penelitian

LAKIP

lakip2011

Seminar Peternakan 2014

FlyerSeminarPeternakan-banner1

Integrated Biorefinary Seminar

isibio2014

You are here: Home Perpustakaan Artikel

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa