çadır

| Print |

image080LABORATORIUM MIKROBA SIMBIOTIK TANAH

( Laboratory of Plant Symbiotic Microbes)

Kepala : Dra. Harmastini, M.Agr.Sc.  e-mail : harmastini@yahoo.com

 

Latar Belakang

Pemanfaatan sumber daya mikroba  merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Indonesia memiliki keragaman sumber daya mikroba yang berlimpah namun belum dimanfaatkan secara optimal. Salah satu potensi sumber daya mikroba yang sudah diketahui dan dikembangkan secara luas adalah potensi mikroba sebagai pupuk hayati. Mikroba berpotensi dapat dikembangkan sebagai pupuk hayati melalui teknologi sederhana dan mudah diaplikasikan pada tanaman pangan.

Kegiatan 2012

Kegiatan program ketahanan pangan nasional tahun 2012 diisi dengan dilaksanakannya empat paket pertanaman kedelai dan jagung plus di empat lokasi pertanaman di Jawa Barat, yakni Desa Nanggerang, Desa Purwasari, Desa Kebon Kawung, Bodogol  Sukabumi  dan Desa Naggrak, Sukaraja, Bogor. Selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang pentingnya mikroba tanah yang dilibatkan dalam pertanaman kedelai plus dan jagung plus dilakukan di Desa Purwasari, Sukabumi. Sosialisasi tentang keunggulan kedelai plus juga dilakukana dengan pihak swasta yakni Pabrik Gula Subang- PT Rajawali Nusantara Indonesia II. Kegiatan lain yang dilakukan berupa koleksi mikroba potensi.

Pertanaman di Desa Purwasari dan Desa Naggerang telah berlangsung dengan komoditi Kedelai Plus (var. Anjasmoro) dan Jagung Plus (var. Lamuru). Hasil panen yang didapat dari tanaman jagung adalah 8 ton/Ha, sedangkan dari tanaman kedelai plus sebanyak 1,7 ton/Ha. Pertanaman kedelai di dua desa lainnya, baru mencapai umur 1,5 bulan. Keterlambatan kegiatan pertanaman disebabkan tingginya curah hujan yang dapat menyebabkan kegagalan pertanaman. Tingginya curah hujan menyebabkan terjadinya kerusakan pertanaman hingga 20%. Selama berlangsungnya pertanaman tidak ditemukan adanya serangan penyakit baik yang disebabkan serangga maupun mikroba. Desa-desa di Sukabumi merupakan daerah sentra jagung dan singkong, namun melalui sosialisasi tentang keunggulan kedelai plus LIPI dan guna memenuhi kebutuhan akan kedelai nasional maka saat ini masyarakat setempat mulai mencoba untuk bertani kedelai.

Pengetahuan tentang kedelai plus yang dibekali dengan mikroba potensi sudah disosialisasikan beberapa waktu lalu. Namun selanjutnya diketahui bahwa tanah pertanian di Jawa Barat umumnya miskin akan bahan organik. Biasanya kebutuhan akan bahan organik dipenuhi dengan pemberian kompos dan pupuk kandang. Kompos dan pupuk kandang biasanya didatangkan dari daerah yang memproduksi bahan tersebut, sehingga secara ekonomi akan menambah biaya dari paket pertanaman. Untuk lebih efisien dan mendidik petani lebih mandiri maka program Ketahanan Pangan Nasional melaksanakan program sosialisasi pembuatan pupuk organik, kompos dari bahan yang tersedia di sekitar lahan pertanian. Inokulum yang digunakan untuk pembuatan kompos adalah BIOKOMPOS – LIPI yang berisi konsorsium mikroba potensi untuk pembuatan kompos. Pelatihan diikuti oleh sejumlah warga yang berasal dari beberapa desa di sekitar Desa Purwasari. Pelatihan berlangsung bekerja sama dengan UKM Pedoman.

Kerjasama dengan pihak swasta berupa pertanaman kedelai plus dilakukan di empat lokasi yakni di Subang, Indramayu, Majalengka dan Palembang. Jenis kedelai yang ditanam adalah kedelai var. Mitani, yang berasal dari BATAN. Total luasan lahan yang ditanam adalah 30 hektar dengan jumlah bibit 1.2 ton. Penanaman perdana telah dilakukan bersama Pabrik Gula Subang sejak bulan Desember 2012. Penanaman perdana juga diikuti dengan demonstrasi dan penjelasan tentang kedelai plus dan bagaimana cara menanam sesuai SOP yang telah ditetapkan.

Koleksi mikroba potensi dilakukan dengan tujuan untuk menambah koleksi biodiversitas mikroba penambat nitrogen, pelarut phosphat dan penghasil hormon tumbuh tanaman. Jumlah koleksi mikroba potensi yang telah dipurifikasi dan diseleksi sebagai mikroba berpotensi sebanyak 5 isolat. Isolat tersebut diambil dari sampel tanah di bawah tegakan pohon tinggi di kebun plasma nutfah Cibinong dan kebun percobaan Haur Bentes yakni sengon buto, gamal dan shorea. Koleksi mikroba ini akan digunakan untuk menyempurnakan komposisi mikroba pupuk yang telah ada selain mendapatkan isolat unggulan baru untuk pupuk.

Melalui program kegiatan Ketahanan Pangan Nasional telah dihasilkan tujuh makalah yang dibawakan di pertemuan ilmiah tingkat Nasional dan Internasional berkaitan dengan mikroba simbiotik. Pertemuan tingkat Internasional yang dihadiri adalah 2nd Asian Conference of Symbiotic Microbes and Nitrogen fixing di Phuket Thailand, Oktober 2012 dan Internatinal Conference of Biotechnology (ICB),  yang diadakan di Bogor, November 2012. 

Sebagai kegiatan khusus, program Ketahanan Pangan Nasional telah melaksanakan tugas yang diberikan LIPI untuk berkordinasi dengan KOMITE INOVASI NASIONAL (KIN) dalam multi uji lokasi produk pupuk bio- LIPI yakni StarTmik (P2 Biologi), BIO-VAM, BIOPLUS dan Kedelai plus (Puslit Bioteknologi) di beberapa lokasi yakni: Kedelai di  Pasuruan, Banten, Lampung;  Cabai di Segunung Cipanas;   Padi sawah di Subang dan Padi Gogo di Indramayu. Kegiatan KIN dilaksanakan di bawah kordinasi Badan Litbang Pertanian, Kemetrian Pertanian. Hasil yang didapat cukup memuaskan, produk pupuk Bio VAM dan kedelai plus LIPI ditetapkan sebagai Pupuk Hayati Unggulan Nasional (PHUN) yang nantinya akan terus dikembangkan dan digunakan dalam scaling up/ demonstrasi area (dem area) di beberapa komoditas tanaman. Komoditas tanaman yang akan digunakan dalam uji coba PHUN adalah kedelai di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Jambi; padi sawah di Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung; padi gogo di Jawa Barat dan Jawa Tengah; serta cabai di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

image081

 

Kompetensi inti:

  • Penelitian dan pengembangan mikroba yang bersimbiosa dan berinteraksi dengan tanaman untuk produksi pupuk hayati (perbaikan formulasi dan komposisi)
  • Studi tentang mekanisme simbiosis dan interaksi mikroba serta potensinya dalam melaksanakan proses penambatan nitrogen dan fosfat serta memproduksi zat pengatur tumbuh dan bahan bioaktif.

Kepala Laboratorium:

1.

Dra. Harmastini, M.Agr.Sc.

19531120 197803 2 001

Wakil Kepala Lab:

2.

Rumella Simarmata, M.Si.

19800314 200502 2 002

Anggota Peneliti:

3.

Sylvia J.R. Lekatompessy, S.Si.

19690916 199903 2 002

 

4.

Tiwit Widowati, S.Si.

19740126 200701 2 001

Anggota Teknisi:

5.

Liseu Nurjanah

19760111 200701 2 003

 

6.

Nuriyanah, A.Md.

19800401 200710 2 002

Bioresources LIPI Expo 2014

logoseminar-bioresources2014

VIDEO BIOTEKNOLOGI-LIPI



Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Reformasi Birokrasi

Bimbingan Penelitian

LAKIP

lakip2011

Seminar Peternakan 2014

FlyerSeminarPeternakan-banner1

Integrated Biorefinary Seminar

isibio2014

You are here: Home Laboratorium Bidang Bioproses Mikroba Simbiotik Tanaman

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa