çadır

| Print |

image102LABORATORIUM BIOKATALIS DAN FERMENTASI
(Laboratory of Biocatalyst and Fermentation)


Kepala : Dr. Yopi            e-mail : yopisunarya@gmail.com

Latar Belakang


Terdapat 3 kegiatan yang dilakukan oleh peneliti dari laboratorium Biokatalis dan fermentasi pada tahun 2012 dengan fokus pada analisa enzim mananase untuk produksi oligosakarida dan ethanol dari karbohidrat sellulosa, enzim amilase untuk produksi oligosakarida dari karbohidrat pati, dan enzim protease untuk pembuatan keju. Di bawah tertera masing-masing judul dan paparan kegiatan tahun 2012.  

Kegiatan 2012

Konstruksi arming yeast enzim mananase dan aplikasinya dalam peningkatan efisiensi pemanfaatan tepung manan untuk pangan fungsional (DIPA Kompetitif)


Mananase adalah enzim yang digunakan untuk hidrolisis karbohidrat manan menjadi monosakarida dan oligosakarida yang berfungsi sebagai komponen pangan fungsional. Dalam penelitian ini akan digunakan tepung manan dari umbi Porang (Amorphophallus muelleri blume) yang merupakan umbi lokal dengan kandungan glukomanan tinggi. LIPI memiliki koleksi mikroba penghasil mananase, selain itu juga terdapat mikroba Bacillus licheniformis, Cellulomonas fimi dan Aspergillus sp. Gen penyandi mananase dari isolat manolitik tersebut dapat digunakan untuk disisipkan ke dalam Saccharomyces cereviasiae untuk dijadikan rekombinan yeast berdisplay enzim mananase (arming yeast). Untuk mencapai sasaran tersebut telah dilakukan konstruksi plasmid ekspresi untuk mananase dari Bacillus licheniformis dan Cellulomonas fimi,  dan saat ini sedang proses analisa ekspresi, purifikasi dan karakteristik rekombinan mananase. Kemudian dari transformasi plasmid PFGK426 ke dalam Sacchromyces cereviase YPH499 untuk mendapatkan yeast berdisplay mananase, telah diperoleh 2 koloni yang akan dianalisa potensinya dalam ekspresi mananase. Dari penelitian pendamping proyek kompetitif ini yaitu JSPS-LIPI bilateral project (Development of Consolidated Bio-Proccesing (CBP) for Bioethanol and Manno-oligosaccharides Production by Yeast Cell Surface Engineering), telah diperoleh yeast berdisplay mananase dan Aspergillus acualetus. Dengan menggunakan arming yeast mananase tersebut, dari hasil hidrolisis terhadap tepung porang menunjukkan adanya oligosakarida yang berukuran sekitar 2 – 6 sakarida. Selanjutnya akan diuji kestabilan rekombinan yeast dalam proses hidrolisis tepung manan untuk menghasilkan oligosakarida.

image103

Gambar 1. Analisa produk reaksi yeast berdisplay mananase, enzim komersial dengan substrat tepung porang

Karakteristik dan Pengembangan Karbohidrat dari Umbi Kentang Hitam (Coleus tuberosus Benth), Ubi Kayu (Manihot esculenta) dan Tacca (Tacca leontopetaloides) (DIPA PN 5).
Pemanfaatan dan pengolahan umbi menjadi bahan pangan tergantung oleh kandungan karbohidrat yang terdapat dalam masing-masing umbi tersebut. Dalam rencana kegiatan 2011~2014, akan dilakukan penelitian dengan tahapan sebagai berikut : 1) proses ekstraksi karbohidrat kentang hitam, ubi kayu dan ubi tacca, 2) analisa karakteristik kandungan karbohidrat dan 3) analisa potensi karbohidrat untuk produksi komponen pangan fungsional seperti oligosakarida. Fokus kegiatan tahun 2012 adalah analisa produk pangan fungsional dari karbohidrat ubi kayu dan kentang hitam, serta ekstraksi dan karakterisasi karbohidrat umbi tacca.


Hasil uji kromatografi lapis tipis (TLC) menunjukkan gula-gula pereduksi hasil hidrolisis enzimatik terhadap pati ubi kayu varietas FEC, mentega, roti dan kuning adalah monosakarida, disakarida, dan oligosakarida (glukosa, maltosa, maltotriosa dan maltopentosa). Hidrolisis enzimatis pati kentang hitam menghasilkan produk oligosakarida dengan derajat polimerasi 2 – 10 unit sakarida. Hasil analisa dengan HPLC menunjukkan gula-gula sederhana baik monosakarida seperti glukosa, disakarida seperti maltose dan oligosakarida seperti maltotriosa.


Ekstraksi karbohidrat (pati) umbi tacca sudah dilakukan terhadap tiga varietas umbi tacca dengan rendemen pati yang dihasilkan berturut-turut adalah umbi tacca Hutan Jati 28.44% (283 gr), Pulau Katang 26,10% (394 gr) dan Gunung Batur 24,12% (442 gr). Karakteristik fisiko kimia terhadap ketiga sampel umbi tersebut memiliki kelarutan optimum pada suhu 100°C, daya cerna berturut-turut Hutan Jati (97,23%), Gunung Batur (90,43%) dan Pulau Katang (52,78%). Pati yang berasal dari Pulau Katang memilki viskositas balik yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan pati lainnya. Hal ini menunjukkan pati dari daerah tersebut lebih lama mengalami retrogradasi dibandingkan dengan pati dari daerah lainnya.


 image104


Gambar 2. Analisa TLC hasil hidrolisis pati untuk menghasilkan oligosakarida

Standarisasi produk yogurt dan produksi enzim protease untuk mendukung proses pengolahan daging dan susu (DIPA PN5)
Teknologi pengolahan produk susu dan daging yang terus dikembangkan, akan mendapatkan produk baru atau teknik baru yang akan meningkatkan nilai tambah bagi produk tersebut dan berdampak meningkatkan ekonomi masyarakat serta industri. Telah diseleksi bakteri BTCC untuk fermentasi yoghurt dan keju serta bakteri penghasil protease demikian juga telah dilakukan skrining terhadap bakteri BTCC. Hasil seleksi menunjukkan bahwa dari 42 isolat BTCC yang diuji, 36 isolat mampu menghasilkan asam laktat dan 20 isolat diantaranya memberikan indek zona bening  ≥ 2. Sementara itu, uji proteolitik dihasilkan 18 isolat mampu menghidrolisis protein dan 8 isolat diantaranya memberikan indek zona bening di atas 1,6. Ada 2 Isolat  yang mempunyai potensi cukup besar adalah  DR 1-7-1 (menghasilkan asam) dan  isolat DSB 4-2 (menghasilkan enzim protease). Sementara itu bakteri Lactobacillus acidophillus menghasilkan rendemen paling tinggi (26,56 %) pada  sampel susu H dengan konsentrasi starter 6%. Bakteri Lactobacillus acidophillus + DR 1-7-1 + rennet menghasilkan keju dengan memberikan sedikit aroma keju, tekstur halus dan lebih lembut.  Bakteri dengan kode DR 1-3-2 (Lactobacillus plantaruum strain LAB12) menghasilkan aktivitas enzim protease paling tinggi yaitu sebesar 0,598 unit/ml selama proses fermentasi 72 jam. Selanjutnya bakteri ini digunakan sebagai inokulum untuk produksi enzim protease dan telah tersedia enzim protease sebanyak 1 liter. Analisis terhadap sampel susu segar yang digunakan pada awal penelitian memberikan hasil bahwa susu H dan A, memenuhi syarat mutu susu segar, dengan nomor SNI 3141.1:2011, tetapi untuk persyaratan cemaran mikroba patogen belum terpenuhi.  Standarisasi yoghurt masih dalam tahap pengerjaan.

image105

Gambar 3. Zona bening isolat DR 1-7-1 (A) dan isolat DSB 4-2 (B)

 

image106

Kompetensi inti:

Mengembangkan penelitian pemanfaatan mikroba dan enzim melalui fermentasi/reaksi untuk produksi pangan, pakan, energi dan produk lainnya serta aplikasi di lingkungan.

Mengembangkan rekayasa mikroba dan enzim terkait untuk meningkatkan proses fermentasi dan pemanfaatan biokatalis

Kepala Laboratorium:

1.

Dr. Yopi

19691220 198901 1 001

Wakil Kepala Lab:

2.

Nanik Rahmani, S.Pt, M.Si.

19761215 200312 2 004

Anggota Peneliti:

3.

Dra. Ruth Melliawati

19541012 198203 2 002

 

4.

Dr. Rr. Trisanti Anindyawati

19600113 198503 2 001

 

5.

Awan Purnawan, S.Si.

19670730 199203 1 001

 

6.

Ahmad Thontowi, M.Si.

19731024 200112 1 001

 

7.

Ade Andriani, S.Si.

19850404 200912 2 002

Anggota Teknisi:

8.

Nuryati

19770819 200810 2 001

Bioresources LIPI Expo 2014

logoseminar-bioresources2014

 

VIDEO BIOTEKNOLOGI-LIPI



Get the Flash Player to see this player.

time2online Joomla Extensions: Simple Video Flash Player Module

Reformasi Birokrasi

Bimbingan Penelitian

LAKIP

lakip2011

Seminar Peternakan 2014

FlyerSeminarPeternakan-banner1

Integrated Biorefinary Seminar

isibio2014

You are here: Home Laboratorium Bidang Bioproses Biokatalis & Fermentasi

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa