Pelatihan Pembuatan Kertas Daur Ulang

Sebagai bagian limbah padat, keberadaan kertas dan plastik bekas di kawasan CSC sebagai hasil samping dari aktivitas perkantoran dan penelitian berpeluang untuk dimanfaatkan. Pengolahan kertas bekas menjadi kertas seni dan komposit plastik merupakan salah satu ide bagaimana meningkatkan nilai tambah limbah. Sebagai produk antara, kertas seni dan komposit plastik dapat menjadi input bagi produk handycraft ataupun furnitur.

Konversi limbah kertas dan plastik ini menjadi produk yang bermanfaat seperti kertas seni dan komposit plastik diharapkan akan meningkatkan nilai keekonomian limbah. Teknologi yang sederhana dan murah memungkinkan untuk diadopsi di masyarakat membuka peluang meningkatkan potensi penerapan skala lebih besar.

Pengembangan teknik daur ulang kertas bekas praktisnya melalui teknologi sederhana dengan atau tanpa proses pemutihan dan pewarnaan sebelum pencetakan lembaran kertas. Sebelum dilakukan daur ulang, kertas bekas di sekitar kawasan Cibinong Science Center (CSC), terutama di Puslit Biomaterial LIPI dikumpulkan, dipilah, dicacah, direndam 24 jam, dan digiling untuk menghasilkan pulp kertas bekas. Untuk meningkatkan kekuatan kertas daur ulang maka ditambahkan sumber serat primer yang termasuk katagori serat panjang. Kedua jenis pulp (daur ulang dan serat primer) dicampur melalui penggilingan dan dilakukan pencetakan lembaran dan pengeringan secara manual.

Teknologi daur ulang kertas ini memiliki potensi untuk diaplikasikan di lingkungan rumah tangga, lingkungan sekolah ataupun lingkungan yang lebih luas. Produk seni dengan media kertas seni dari kertas daur ulang memungkinkan juga untuk digunakan sendiri ataupun dijual. Sebagai bentuk kepedulian dan lebih membuka wawasan kepedulian terhadap sampah kertas di masyarakat, Puslit Biomaterial tertarik untuk berkontribusi melalui kegiatan pameran dan pelatihan kertas daur ulang.

Kegiatan pelatihan ini sebelumnya telah diadakan 2 kali pada tahun 2016 . Selain itu, pada tahun 2017, Puslit Biomaterial melalui program Biovillage juga ikut serta dalam kegiatan pameran dan pelatihan teknologi daur ulang kertas.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka festival peduli sampah Kebun Raya Bogor (KRB) tahun 2017 di area kolam gunting Kebun Raya Bogor pada tanggal 25 Februari 2017. Dalam kegiatan ini memiliki 3 agenda utama, pameran produk seni berbasis kertas bekas, pelatihan '

PengenalanTeknologi Pulp dan kertas dan Daur Ulang Kertas', dan demonstrasi dan praktik pencetakan kertas dan pembuatan produk seni. Dalam pemaparan dilakukan pemutaran video pembuatan kertas daurulang. Hal ini karena dalam kegiatan pelatihan di KRB ini tidak dimungkinkan membawa seluruh peralatan proses. Peserta pelatihan juga difasilitasi untuk melakukan sesi diskusi langsung dengan narasumber dan fasilitator pelatihan dari tim Puslit Biomaterial LIPI.

Agar efektif proses pelatihan maka peserta pelatihan dibatasi jumlahnya sekitar 15 orang terdiri dari siswa SMU dan masyarakatumum. Setelah pemaparan narasumber, peserta dipandu oleh fasilitator melakukan praktik pembuatan produk seni berbasis kertas daur ulang. Seluruh bahan pelatihan telah disediakan oleh tim pelatihan dan peserta dapat memanfaatkan bahan tersebut untuk pembuatan produk seninya.

Di booth pameran peserta juga dimungkinkan melakukan interaksi langsung dengan tim pelatihan. Booth pameran dikunjungi oleh tamu undangan dalam acara pembukaan festival peduli sampah dan masyarakat pengunjung KRB. Dalam booth pameran disediakan handout pelatihan dan brosur terkait kegiatan Biovillage kertas daur ulang. Pengunjung pameran banyak tertarik dengan produk seni seperti note book yang telah diberikan tambahan kerangka daun yang diwarnai di bagian covernya.

Dengan diselenggarankannya diseminasi ini, diharapkan peserta memahami pengetahuan dasar teknologi daur ulang kertas dan dapat menyampaikan pengetahuan tersebut kepada yang memerlukan. Selain itu, dapat pula meninghkatkan kesadaran tentang pentingnya memelihara lingkungan bersih melalui pemanfaatan kembali kertas bekas menjadi kertas seni. ( Widya Fatriasari )