çadır

| Print |

Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB)
Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI
Jalan Raya Bogor Km 46 Cibinong 16911, Bogor
Tlp. 021-87905152, 021-8754587(sentral),
Fax. 021-875 4588,

PENDAHULUAN


10 Perubahan yang cepat dan mendasar terjadi dalam kehidupan di segala bidang dan menuntut kebebasan berinteraksi tanpa mengenal batas negara. Meningkatnya persaingan di pasar global berpengaruh terhadap penetapan standard mutu bagi barang dan jasa. Salah satunya standard mutu laboratorium ISO 17025:2008. Tuntutan informasi teknis dari setiap produk yang diperdagangkan menuntut laboratorium penguji untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan terhadap hasil uji yang akurat dan absah.

Pertumbuhan pengguna Sistem Manajemen secara umum telah meningkatkan kebutuhan untuk menjamin bahwa laboratorium yang dimiliki oleh suatu organisasi atau institusi adalah laboratorium kompeten dalam bidang pengujian dan relevan dengan lingkup pengujian berdasarkan Sistem Standardisasi Nasional (SSN).

SSN bertujuan untuk mewujudkan jaminan dan perlindungan kesehatan, keamanan dan kesehatan Customer yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas dan produktivitas nasional guna meningkatkan daya saing dan mutu serta kepercayaan atas barang dan/atau jasa yang dihasilkan Indonesia di pasar domestik dan internasional.

Akreditasi dan sertifikasi termasuk dalam lingkup kegiatan SSN. Akreditasi adalah prosedur yang digunakan oleh lembaga yang berwenang dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu institusi atau seseorang mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Sertifikasi adalah prosedur yang digunakan oleh pihak ketiga untuk memberikan jaminan atas Sistem Manajemen Mutu yang tertulis bahwa suatu produk, proses atau jasa memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Audit dan sertifikasi ISO 17025:2005/2008 pada dasarnya sama dengan ISO 9001:2000 tetapi pada ISO 9001:2000 tidak mengevaluasi kemampuan teknis laboratorium dalam menghasilkan data hasil uji atau kalibrasi yang absah dan dapat dipercaya.

Untuk meyakinkan bahwa laboratorium pengujian mempunyai kemampuan teknis dalam menghasilkan data yang akurat dan handal, laboratorium harus menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium (ISO 17025:2005/2008).

Fokus dari sistem manajemen ini adalah dengan memperhatikan persyaratan kemampuan laboratorium dalam OECD (Organization for Economic Cooperation Development) dan GLP (Good Laboratorium Practice) serta ISO 9001:2000 sebagai jaminan mutunya.

Faktor teknis yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi dan pengalaman

  2. Kalibrasi dan perawatan peralatan laboratorium yang tepat

  3. Sistem jaminan mutu yang sesuai

  4. Teknik pengambilan contoh uji dan metode pengujian yang telah divalidasi

  5. Ketelusuran pengukuran dan sistem kalibrasi ke standard nasional/internasional.

  6. Sistem dokumentasi dan pelaporan data hasil pengujian

  7. Sarana dan lingkungan kerja pengujian.


ORGANISASI


Laboratorium Uji Bioteknologi (LUB) didirikan atas dasar DP/PM/4.1/1 : Surat Keputusan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi-LIPI No. 408.a/II.4/KP/2000 tertanggal 28 Juni 2000 tentang pendirian Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan pengujian sesuai dengan SNI 19-17025-2008 untuk memuaskan kebutuhan customer dan pihak-pihak terkait yang relevan dan memuaskan persyaratan KAN yang memberikan akreditasi Lab. Pengujian di Indonesia. Adapun pendirian Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI (dahulu Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi-LIPI) didasarkan atas DP/PM/4.1/2 : Surat Keputusan Kepala LIPI No.115/M/2001. Tahun 2010  Laboratorium Uji Bioteknologi (LUB) di ganti nama menjadi Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB)


Kegiatan pengujian dipusatkan pada lokasi permanen Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) yang terletak pada Pusat Penelitian (P2) Bioteknologi (dahulu Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi), Jalan Raya Bogor Km 46 Cibinong 16911, telepon/fax 021-87905152, 021-8754587(sentral), faksimili 021-875 4588, E-mail: labujibiotek@biotek.lipi.go.id.


Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) mempunyai personel manajemen dan teknis yang diberi kewenangan dan sumber daya yang diperlukan untuk:Melaksanakan tugas; mengoperasikan setiap alat utama, melakukan pengujian, mengevaluasi hasil pengujian,menandatangani laporan pengujian, mengidentifikasi terjadinya penyimpangan sistem mutu atau prosedur, memulai tindakan perbaikan dan pencegahan atau meminimalkan penyimpangan.


BIDANG PENGUJIAN


Bidang pengujian Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) terdiri dari pengujian kimia mikrobiologi, dan biologi molekuler. Pengujian kimia bahan pangan difokuskan pada pengujian asam-asam lemak yang meliputi asam palmitat, stearat, oleat, linoleat, linolenat dan asam margarat. Pengujian mikrobiologi bahan pangan difokuskan pada pengujaian pencemaran mikroba pada produk pangan dan olahannya dengan metode total plate count (TPC) dan antibiotik test secara bioassay. Sedangkan untuk bidang molekuler di pokuskan pada pengujian geneticaly modified organisms (GMO) dan ada tidaknya kandungan asal babi (kualitatif).


PENGELOLAAN


Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) didukung oleh personel yang ahli di bidang masing-masing dalam ruang lingkup pengujian dan terhindar dari pengaruh tekanan komersial, keuangan, dan tekanan lain yang mempengaruhi mutu pengujian.


Dalam melaksanakan kegiatannya,

  1. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) dipimpin oleh seorang Kepala Pusat Penelitian dan dibantu oleh satu orang Manajer Manajer Mutu dan 3 orang Manajer Teknis), 2 orang Penyelia dan beberapa orang Analis, dengan uraian tugas, tanggung jawab dan hubungan antar personel yang jelas.

  2. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) melindungi atas kerahasiaan informasi dan hak milik customer sesuai dengan Prosedur Pelayanan Kepada customer, dan penyampaian hasil secara elektronik. Sesuai dengan Prosedur Penyampaian Laporan Pengujian Secara Elektronik.

  3. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) menghindari keterlibatannya dalam kegiatan apapun yang mengurangi

  • kepercayaan terhadap kompetensinya

  • ketidakberpihakannya

  • integritas pertimbangannya

  • kepercayaan operasionalnya

  1. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) telah menetapkan:

  • struktur organisasi dan manajemennya

  • kedudukannya di dalam organisasi induknya

  • hubungan-hubungan yang ada antara manajemen mutu, kegiatan teknis dan jasa penunjang yang masing-masing tertuang dalam Lampiran Dokumen Sistem Mutu

  1. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) mengadakan penyeliaan yang cukup terhadap personel pengujian, termasuk personel yang sedang berada dalam pelatihan.

  2. Penyelia pada Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) memahami metode, prosedur, dan maksud pengujian dan asesmen hasilnya.

  3. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) mempunyai manajemen teknis yang bertanggungjawab terhadap pemastian mutu kegiatan Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB), baik yang dipersyaratkan oleh SNI 19-17025-2008,

    1. metode pengujian yang digunakan, dan sistem mutu ini.

    2. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) menunjuk seorang personelnya sebagai Manajer Mutu yang bertanggungjawab dan berwenang dalam pemastian penerapan sistem mutu secara konsisten setiap waktu. Sebagaimana yang tampak dalam Struktur Organisasi Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB), Manajer Mutu mempunyai akses langsung ke pemimpin tertinggi Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) yang membuat keputusan terhadap kebijakan atau sumber daya.

KEBIJAKAN MUTU
Manajemen Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) memberikan pelayanan pengujian yang mengutamakan mutu dan kepuasan customer serta menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran teknis, teliti, cepat, tepat dan akurat serta efisien dalam menggunakan sumber daya.
Untuk itu, semua pekerjaan pengujian selalu dilaksanakan berdasarkan manajemen sistem mutu yang sesuai dengan SNI 19-17025-2008, guna memberikan jaminan konsistensi dan kompetensi teknis pengujian dalam ruang lingkupnya.
Manajemn sistem mutu laboratorium dituangkan dalam panduan mutu, prosedur dan instruksi kerja yang didokumentasikan, dikomunikasikan, dimengerti, dan dilaksanakan oleh semua personil secara profesional.


Rincian Prosedur

  1. Customer memberikan sampel untuk dilakukan pengujian, dan mengisi formulir yang telah disediakan.

  2. Penerima sampel mencatat sampel dan kemudian mendistribusikan kepada Manajer Teknis. Formulir penerimaan sampel uji disampaikan ke Manajer Umum untuk diketahui dan diparaf serta diarsipkan.

  3. Manajer Teknis menyampaikan sampel uji kepada penyelia.

  4. Penyelia menneruskan sampel uji kepada analis

  5. Analis melakukan pengujian dan setelah selesai melaporkan dan menyerahkan hasil pengujian sementara kepada penyelia.

  6. Penyelia menerima hasil pengujian dari analis dan meneruskan kepada Manajer Teknis

  7. Penyelia melakukan analisis data hasil pengujian dan Manajer Teknis menerbitkan lapaoran hasil pengujian dan memberikan informasi ke Manajer Mutu untuk ditantatangani

  8. Manajer Teknis memberitahukan bahwa analisa sampel telah selesai kepada bagian administrasi untuk diinformasikann kepada customer

  9. Manajer Teknis memberikan laporan hasil pengujian kepada Manajer Umum

  10. Manajer Umum menginstruksikan penyerahan Laporan Hasil Pengujian segera dilakukan

  11. Administrasi segera menginformasikan bahwa analisa sampel telah selesai dan memberikan laporan hasil pengujian kepada customer.



  1. metode pengujian yang digunakan, dan sistem mutu ini.

  2. Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) menunjuk seorang personelnya sebagai Manajer Mutu yang bertanggungjawab dan berwenang dalam pemastian penerapan sistem mutu secara konsisten setiap waktu. Sebagaimana yang tampak dalam Struktur Organisasi Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB), Manajer Mutu mempunyai akses langsung ke pemimpin tertinggi Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) yang membuat keputusan terhadap kebijakan atau sumber daya.


KEBIJAKAN MUTU

Manajemen Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) memberikan pelayanan pengujian yang mengutamakan mutu dan kepuasan customer serta menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran teknis, teliti, cepat, tepat dan akurat serta efisien dalam menggunakan sumber daya.

Untuk itu, semua pekerjaan pengujian selalu dilaksanakan berdasarkan manajemen sistem mutu yang sesuai dengan SNI 19-17025-2008, guna memberikan jaminan konsistensi dan kompetensi teknis pengujian dalam ruang lingkupnya.

Manajemn sistem mutu laboratorium dituangkan dalam panduan mutu, prosedur dan instruksi kerja yang didokumentasikan, dikomunikasikan, dimengerti, dan dilaksanakan oleh semua personil secara profesional.

Seminar Biomedis

cover seminar

Bioresources LIPI Expo 2014

logoseminar-bioresources2014

 

Seminar Peternakan 2014

FlyerSeminarPeternakan-banner1

Integrated Biorefinary Seminar

isibio2014

Seminar Pangan Nabati

bioresourcepangan

You are here: Home Produk & Jasa Laboratorium Pengujian Bioteknologi

Publikasi Bioteknologi

  • Laporan Teknik

  • Laporan Tahunan

  • Lakip Bioteknologi

  • BioTrends

  • Warta Biotek

  • Annales

  • Media Biotek

laporan-teknik-2010-coverSelama 3 tahun mendatang kegiatan prioritas yang diputuskan oleh LIPI ini diharapkan menghasilkan output yang Besar Signifikan dan Nyata (BSN) sesuai dengan target LIPI yang telah menjadi tekad bersama. Pada tahun ini penelitian padi telah menghasilkan output yang nyata yaitu dengan dilepasnya dua varietas padi gogo Inpago LIPI-Go1 dan Inpago LIPI-Go2. Diharapkan pada tahun mendatang kegiatan penelitian yang lain akan juga menghasilan output yang nyata.

Pelaksanaan kegiatan peternakan modern juga mulai dilaksanakan pada tahun 2011 dengan pembangunan gedung laboratorium baru dan sarana pendukung lainnya. Tersedianya sarana ini akan memfasilitasi kegiatan penelitian bioteknologi peternakan yang menjadi prioritas. Selain kegiatan prioritas, kegiatan tematik juga tetap dilakukan pada tahun 2011, beberapa kegiatan rintisan dan lainnya adalah kegiatan rutin yang dikelompokkan sebagai kegiatan kelembagaan. Untuk mendownloadnya Anda bisa mengklik alamat Laporan Teknik

laptahBuku Laporan Tahunan ini berisi hasil-hasil penelitian selama tahun 2011 yang dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI kepada masyarakat selaku Lembaga pemerintah non Kementrian (LPNK) yang bekerja menggunakan anggaran APBN. Laporan substansi penelitian ditampilkan sebagai rangkuman hasil dari setiap laboratorium selama tahun 2011.

Laporan kegiatan rutin administrasi juga disampaikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk mngunduh laporan tersebut secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Laporan Tahunan

lakipLaporan Akuntabilitas  Kinerja  lnstansi  Pernerintah  (LAKIP)  Pusat  Penelitian Bioteknologi,  Lernbaga  llrnu  Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Tahun  2010  disusun untuk mernenuhi  lnstruksi  Presiden  (Inpres)  Nornor  7  Tahun  1999.  Seperti  pada tahun-tahun sebelurnnya, kernbali pada tahun 2010 ini Pusat Penelitian Bioteknologi- LIP1  rnelaksanakan  evaluasi  kinerja  dengan perangkat  AKlP  sesuai dengan keputusan  Kepala  Lernbaga Adrninistrasi  Negara  Nornor:  23911X/6/8/2003. Tahun 2010  ini merupakan  tahun pertama  RPJMN  2010-2014  dengan  sistern  anggaran DIPA.  Laporan  Akuntabilitas  Pusat  Penelitian  Bioteknologi  LIP1  ini  merupakan pencerminan  dari  seluruh  prograrnlkegiatan  yang  dilaksanakan  oleh  Puslit Bioteknologi  LIP1  pada  tahun  anggaran  2010,  yang  sebagian besar kegiatan penelitian yang dilakukan merupakan kegiatan peralihan atau  lanjutan dari RPJMN 2005-2009 dan program baru.

Unduh Lakip Bioteknologi

BIOTRENDSBioTrend. Majalah populer yang isinya menginformasikan perkembagan teknologi khususnya bidang bioteknologi baik berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI, maupun perkembangan bioteknologi yang ada di luar Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Majalah Biotrend ini di terbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sejak tahun 2005. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa memghubungi Sub Bagian Kerjasama dan Jasa, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Jalan Raya Bogor KM 46, Cibinong 16911, telpon 021-8751527, 8754587, Fax.021-8754588. Untuk mengunduh majalah BioTrend dalam format PDF secara lengkap Anda bisa mendownloadnya di Majalah Biotrends

wartaMajalah Warta Biotek ini terbit sejak tahun 1986. Majalah ini menampung karya tulis staf peneliti Pusat Pebeitian Bioteknologi LIPI khususnya yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Warta Biotek ini saat ini sudah tidak terbit lagi, dan keberadaannya digantikan oleh majalah BioTrend. Isi maupun tujuannya juga sama, yaitu menampug karya tulis populer staf peneliti maupun non peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Karena Warta Biotek saat ini sudah tidak terbit lagi, apabila Anda memerlukan informasi atau karya tulis yang ada di majalah tersebut, Warta Biotek versi dijital bisa di akses melalui web atau bisa juga mendownlodnya di alamat Warta Biotek

annalesAnnales Bogorienses adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan merupakakan satu-satunya jurnal berbahasa inggris yang dimiliki oleh Pusat Pebelitian Bioteknologi LIPI. Jurnal ini terbit enam bulanan serkali yang secara umum berisi tulisan tentang biologi dengan penekanan di bidang bioteknologi, biologi molekuler dan biokimia.

Annales Bogoriense yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 1992 (ISSN: 0517-8452). Untuk mengetahui dan memiliki terbitan Annasles Bogorienses dalam format PDF Anda dapat mendownloadnya di alamat Annales Bogoriense

media-biotekBerbeda dengan Warta Biotek yang isininya menampung karya tulis Staf Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, sedangkan Media Biotek merupakan media yang menginformasikan perkembangan baik yang berhubungan dengan penelitian, kunjungan, berita duka, dan lain-lain yang ada dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Media biotek ini sudah terbit sejak tahun 2010. Memang beberapa waktu lalu Media Biotek ini sudah tidak terbit lagi, namun karena minat dan keinginan para Staff Peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI untuk memiliki media informasi, maka Warna Biotek mulai tahun 2013 ini diterbitkan kembali. Untuk Media Biotek Anda bisa mendownloadnya di alamat ini Media Biotek

v-pills ankara escort bayan ankara escort escort bayan bayan escort eskort bayan bayan escort escort bayan bursa escort escort bursa