Print

Berburu Bibit hingga Daerah, Kandung Banyak Gen Spesial

enung1

Oceng (kanan) bersama Enung Sri Mulyaningsih membersihkan rumput liar di sela-sela bibit buah sempur di Kebun Plasma Nutfah Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI di Cibinong, Bogor (21/5).

Sebagian buah-buahan Nusantara masuk kategori langka atau terancam punah. Sebut saja menteng, gandaria, atau sempur. Terancam punah lantaran memiliki rasa tak enak, tampilan kurang menarik, dan tidak memiliki nilai jual.

HILMI SETIAWAN/JAWA POS, Bogor

CUACA panas pinggiran Bogor langsung tak terasa begitu memasuki area kebun plasma nutfah milik Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Diredam puluhan pohon yang men- julang tinggi di area seluas 20 hektare itu. Di luar kebun tersebut, terdapat area khusus untuk pembibitan dengan luas sekitar 1 hektare.

Seorang pegawai kebun pembibitan yang bekerja siang itu adalah Oceng. ”Panggilan saya Oceng. Nama lengkap saya juga Oceng,” kata pria berkacamata tersebut Senin pekan lalu (21/5). Saat itu Oceng sedang merawat bibit pohon buah langka yang masih seukuran sejengkal orang dewasa. Bibit ini ditanam menggunakan polybag. Oceng mencabuti rumput-rumput liar yang tumbuh di antara bibit buah langka tersebut.

Ketika itu yang sedang digarap Oceng adalah bibit pohon buah menteng (Baccaurea racemosa)

Buah menteng merupakan buah khas yang dahulu banyak ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Jika sudah masak, kulit buahnya berwarna kuning. Daging buahnya merah dan rasanya khas. ’’Rasanya campuran asam dan manis,’’ kata pegawai yang sudah bekerja sejak 1980-an itu.

Print

Lembaga Penelitian Terbesar Hadir Dalam Peluncuran Perdana Media Litbang

Arini Wulandary

ida2

Luwu Utara, Matasulsel.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut hadir dalam Peluncuran Perdana Majalah Media Litbang Luwu Utara, Kamis kemarin (24/5), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Selain menghadiri acara peluncuran perdana, Lembaga Pemerintah Non Kementerian ini juga berkesempatan mengisi acara Diseminasi Bioteknologi dan Pusat Teknologi Tepat Guna di tempat yang sama.

Tim dari lembaga penelitian terbesar ini yang sempat hadir berjumlah lima orang, masing-masing Kepala Pusat Informasi Dokumentasi Ilmiah (PDII) Hendro Subagyo, Cecep Erwan Andriansyah dari Pusat Teknologi Tepat Guna, Syamsidah Rahmawati dari Pusat Penelitian Bioteknologi, dan dua dari Biro Kerja Sama Hukum dan Humas LIPI, masing-masing Winarti Sari Marina dan Purwadi.

Dalam acara Peluncuran Perdana Media Litbang Luwu Utara, Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Ilmiah LIPI, Hendro Subagyo, mengapresiasi kehadiran Media Litbang Luwu Utara.

Print

LIPI Hadiri Peluncuran Perdana Media Litbang Luwu Utara

Luwu Utara News

Jumat 25 Mei 2018 - 12:53

ida2

Masamba --- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut hadir dalam Peluncuran Perdana Majalah Media Litbang Luwu Utara, Kamis (24/5), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Selain menghadiri acara peluncuran perdana, Lembaga Pemerintah Non Kementerian ini juga berkesempatan mengisi acara Diseminasi Bioteknologi dan Pusat Teknologi Tepat Guna di tempat yang sama.

Tim dari lembaga penelitian terbesar ini yang sempat hadir berjumlah lima orang, masing-masing Kepala Pusat Informasi Dokumentasi Ilmiah (PDII) Hendro Subagyo, Cecep Erwan Andriansyah dari Pusat Teknologi Tepat Guna, Syamsidah Rahmawati dari Pusat Penelitian Bioteknologi, dan dua dari Biro Kerja Sama Hukum dan Humas LIPI, masing-masing Winarti Sari Marina dan Purwadi.

Dalam acara Peluncuran Perdana Media Litbang Luwu Utara, Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Ilmiah LIPI, Hendro Subagyo, mengapresiasi kehadiran Media Litbang Luwu Utara. “Kehadiran media ini adalah yang pertama di Sulawesi Selatan. Selamat buat Luwu Utara yang telah memulainya. Juga selamat kepada Balitbangda Luwu Utara atas terbitnya Media Litbang,” ujar Hendro saat memberikan sambutannya.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI